Pelindo Mengajar, Ratusan Taruna SMKN 9 Pontianak Antusias Mengetahui Pelabuhan & Dunia Maritim

By Indonesia Maritime News 25 Feb 2023, 19:17:15 WIB Pelabuhan
Pelindo Mengajar, Ratusan Taruna SMKN 9 Pontianak Antusias Mengetahui  Pelabuhan & Dunia Maritim

Keterangan Gambar : Hambar Wiyadi, General Manager Pelindo Regional 2 Pontianak menjadi guru tamu di SMK Negeri 9 Pontianak , siswa dan guru menyambut antusias.Foto: Humas Pelindo Regional 2 Pelabuhan Pontianak


Indonesiamaritimenews.com (IMN),PONTIANAK – Ratusan taruna/taruni SMK Negeri 9 Pontianak, Kalbar,  antusias mengikuti program Pelindo Mengajar, Jumat (24/2/2023). Hambar Wiyadi, General Manager Pelindo Regional 2 Pontianak yang menjadi guru tamu, disambut hangat siswa dan guru. 

Program Pelindo Mengajar,  bertujuan mengedukasi generasi muda mengenai kiprah Kementerian BUMN dan Pelindo dalam rantai logistik perekonomian Indonesia. 

"Generasi muda diharapkan dapat mempersiapkan tiga hal untuk menjadi generasi unggul, diantaranya kapabilitas, bekerja sungguh-sungguh, dan tidak berhenti belajar,” kata Hambar.

Baca Lainnya :

Hambar  kemudian mengenalkan industri maritim dan logistik kepada taruna taruni. Hambar juga menyisipkan banyak motivasi agar siswa memiliki semangat untuk menggapai masa depan.

Kegiatan ini, kata Hambar, menjadi kesempatan yang baik dalam mengenalkan industri kepelabuhanan dan logistik kepada siswa yang akan segera memasuki jenjang perguruan tinggi serta dunia kerja.

Hambar menjelaskan, dunia kemaritiman memiliki peran penting bagi tatanan kehidupan masyarakat. Dia mencontohkan, saat pandemi virus korona melanda dunia, dan berdampak pada berbagai sektor, justru kepelabuhan tidak mengalami dampak besar dibanding sektor lainnya. “Karena distribusi  logistik terus berjalan. Tidak mungkin di-lockdown,” ungkapnya.

Mantan GM Pelindo Cabang Bengkulu ini juga menjelaskan tentang Pelabuhan Kijing. Kehadiran Pelabuhan Kijing di Mempawah, kata Hambar, membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat dalam dunia industri perdagangan. Sebagai contoh, saat ini sudah mengambil market curah cair dari Palembang, Jambi yang dijual melalui Pelabuhan Kijing.

DISAMBUT ANTUSIAS

Saat sesi diskusi dan tanya jawab dibuka, para peserta  antusias ingin mengetahui lebih banyak tentang  maritim dan logistik. Baik siswa maupun guru menyambut baik kegiatan ini.

Kepala SMK Negeri 9 Pontianak, Usmadi mengatakan, banyak manfaat langsung yang bisa dirasakan para taruna taruni sekolah ini pada kegiatan Pelindo Mengajar. Terutama pada program Keahlian Pelayaran, dengan konsentrasi keahlian Nautika Kapal Niaga dan Teknika Kapal Niaga.

“Program ini sangat bagus untuk menambah wawasan taruna taruni kami. Mereka bisa memahami bagaimana sistem kerja logistik, administrasi dan hal lain sesuai bidang kepelabuhan,” ungkapnya.

Usmadi mengatakan, SMKN 9 Pontianak beruntung bisa menjadi salah satu sekolah yang disasar program Pelindo Mengajar. Karena sangat bermanfaat dalam mengembangkan potensi diri para taruna dan taruni dalam menghadapi dunia kerja. "Juga menjadi sumber daya manusia yang berakhlak,” ucap Usmadi.

Dia berharap program ini terus berlanjut, dan rutin digelar. "Pelindo bisa menjadi guru tamu di sekolah kami, baik itu sebulan sekali atau seminggu sekali sehingga semakin menambah wawasan taruna taruni kami," ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut Pelindo Regional 2 Pontianak melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) BUMN, menyalurkan bantuan alat-alat pendidikan.  Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan kuis dan lomba pembuatan konten medsos terbaik. (Oryza/Mar)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook