Indonesia Masuk 20 Besar Performa Pelabuhan Terbaik di Dunia

By Indonesia Maritime News 13 Des 2022, 06:53:00 WIB Pelabuhan
Indonesia Masuk 20 Besar Performa Pelabuhan Terbaik di Dunia

Keterangan Gambar : JICT Pelabuhan Tanjung Priok.. Foto.Property of Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA : Indonesia masuk dalam 20 besar performa pelabuhan (port performance) terbaik.  Data United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), Indonesia berada di atas rata-rata pelabuhan di dunia soal.kedatangan kapal kontainer.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhuhungan, Arif Toha mengatakan data tersebut berdasarkan dari rata-rata pergerakan kapal kontainer dari 1.000 GT keatas dalam waktu semester pertama tahun 2022.

Indonesia berada di peringkat 9 di bawah Kanada, Australia, Rusia, Amerika Serikat, Jerman, Yunani, Prancis dan Itali.

Baca Lainnya :

“Saya apresiasi apa yang telah dicapai ini, kita telah bangkit dari sebelumnya 2 tahun kebelakang akibat pandemi Covid-19 dimana sektor pelabuhan terkena dampaknya, data tersebut merupakan hasil traffic bukan merupakan sebuah survei,” ujar Arif dalam keterangan tertulis dikutip Selasa (13/12/2022).

Arif mengatakan rata-rata kedatangan kapal kontainer berdasarkan data dari UNCTAD, Indonesia berada di atas rata-rata pelabuhan yang ada di dunia.

“Rata-rata pergerakan di pelabuhan di dunia mencapai 20,1 sedangkan Indonesia mencapai 24,9,. Capaian tersebut sangat bagus mengingat di Indonesia banyak sekali pelabuhan namun bisa mencatatkan hasil yang memuaskan” ungkap Arif.

Capaian rata-rata dari turnaround time untuk kapal kontainer juga naik sebesar 13,7% dibandingkan dari tahun 2020 dan 2021.

Indonesia masuk dalam 20 besar pada kategori performa pelabuhan (port performance) terbaik. Hal itu berdasarkan rata-rata pergerakan kapal kontainer dari 1.000 GT ke atas, dalam Semester I-2022.

Sebagai informasi UNCTAD memberikan beberapa langkah agar meningkatkan produktifitas untuk pelabuhan diseluruh dunia yaitu implementasi pelabuhan yang pintar dengan teknologi digital, meningkatkan kapasitas pelabuhan dan penguatan konektivitas transportasi. (Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook