Dirut Pertamina: Kebakaran Depo Plumpang Berasal dari Pipa Inlet

By Indonesia Maritime News 15 Mar 2023, 07:48:18 WIB Hukum
Dirut Pertamina: Kebakaran Depo Plumpang Berasal dari Pipa Inlet

Keterangan Gambar : Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat rapat dengan pendapat dengan Komisi VI DPR RI membahas kebakaran Depo Plumpang. Foto: ist


Indonesiamaritimenews.com ( IMN) JAKARTA: Kebakaran diserati ledakan Depo Pertamina Plumpang yang menewaskan 23 warga, berasal dari pipa inlet, bukan dari tangki. Investigasi penyebab kebakaran masih dilakukan oleh tim Pertamina dan tim dari lembaga lainnya serta aparat hukum.

Hal ini dijelaskan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (14/3/2023).

Ia mengungkapkan, insiden kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3) malam bukan berasal dari tangki BBM.

Baca Lainnya :

"Insiden itu ada di mana ? itu kalau kita di pojok atas kanan, pas di belokan, di situ. Jadi, bukan di tangkinya tetapi di pipanya. Kalau dilihat ada pipa yang masuk ke dalam tangki tersebut. Di pipa inlet itu lah yang terjadi kebakaran," ungkap Nicke.

Diungkapkannya, tangki-tangki dan seluruh instalasi fasilitas yang ada di TBBM Plumpang  masih aman, tidak terbakar. "Yang terbakar adalah pipa yang inlet saja," kata dia.

Menurut Nicke, kobaran api dapat dipadamkan dalam waktu 1 jam setelah kejadian, dilanjutkan dengan proses pendinginan. Setelah 3 jam dinyatakan aman pukul 04.00 sudah diaktifkan kembali. "Tetapi pipanya kami off-kan tidak digunakan."

Suplai BBM selanjutnya menggunakan pipa yang berasal dari laut untuk menjamin BBM tetap aman. "Sehingga untuk memastikan suplai BBM untuk 22 kabupaten/kota itu tetap terjamin walaupun ada insiden ini. Kami waktu itu menjalankan komitmen dan kami menyampaikan kepada masyarakat bahwa kami jamin suplai karena ini tadi tangki-tangkinya semuanya aman, kami langsung on-kan pengiriman yg dari laut," urai Nicke.

Penyebab kebakaran menurut Nicke, masih dilakukan investigasi baik oleh aparat penegak hukum,  Ditjen Migas Kementerian ESDM dan juga tim dari Pertamina. 

Nicke secara pribadi dan seluruh jajaran Pertamina meminta maaf atas insiden kebakaran tersebut. "Saya pribadi dan seluruh jajaran Pertamina ingin mengucapkan permohonan maaf, rasa prihatin, dan duka yang mendalam atas terjadinya insiden ini dan kami berusaha memberikan seluruh upaya terbaik untuk melakukan penanggulangan dari insiden yang tidak sama-sama kita inginkan ini," tandasnya. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook