Cuaca Ekstrem, TNI AL Kerahkan Kapal Perang Angkut 20 Mobil Tangki BBM & Logistik ke Karimun Jawa

By Indonesia Maritime News 05 Jan 2023, 21:00:34 WIB Nasional
Cuaca Ekstrem, TNI AL Kerahkan Kapal Perang Angkut 20 Mobil Tangki BBM & Logistik ke Karimun Jawa

Keterangan Gambar : TNI AL menggelar Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan mengangkut 20 mobil tangki BBM dan kebutuhan logistik ke Pulau Karimun Jawa. Foto: Dispen AL


Indonesiamaritimenews.com (IMN)JAKARTA: Cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini, membuat pelayaran ke Pulau Karimun Jawa terhambat. Sehingga terjadi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta sejumlah bahan pokok.

Menghadapi situasi ini, TNI AL mengerahkan KRI Makassar–590 untuk menggelar Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di Pulau Karimun Jawa. Operasi ini mendukung angkutan laut pendistribusian logistik ke wilayah tersebut. KRI Makassar-591 Berlayar dari Tanjung Emas Semarang menuju Pulau Karimun Jawa pada Kamis (5/1/2023).

Sejak hari Rabu saat bersandar di Tanjung Emas, KRI Makasar-590 mulai melaksanakan embarkasi bahan bantuan dalam jumlah besar. Kapal ini mengangkut berbagai kebutuhan terdiri dari:

Baca Lainnya :

- 20 unit mobil tangki bermuatan BBM milik Pertamina

- Ribuan paket bahan makanan serta sembako dari BPBD Jawa Tengah dan Kementerian Perhubungan 

- 7 ton beras dari Dinas Ketahanan Pangan

- Genzet listrik dari PLN, hingga kendaraan taktis serta sejumlah alat berat yang dibutuhkan.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali telah memerintahkan jajarannya untuk merespons secepat mungkin terhadap situasi yang membutuhkan kehadiran TNI AL ditengah-tengah masyarakat.

 “Jajaran TNI AL harus dapat merespon dengan cepat, pun kalau harus menggerakkan unsur  dalam hitungan jam unsur harus bergerak ke lokasi yang membutuhkan pertolongan”, tegas Kasal. (Riz/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook