Berani Melawan Arus, Mampu Membaca Jernih Pikiran Masyarakat, Sabri Saiman
Memberi Buku Geografi Dirinya Untuk Milenial

By Indonesia Maritime News 14 Nov 2022, 09:16:45 WIB Tokoh
Berani Melawan Arus, Mampu Membaca Jernih Pikiran Masyarakat, Sabri Saiman

Keterangan Gambar : Sabri Saiman" Berani Melawan Arus", Foto: Properti of Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com ( IMN), JAKARTA: Perjalanan sosok Sabri Saiman menarik untuk terus disimak. Ia terlibat pada transsisi bangsa di era reformasi dan hingga bergantian rezim. Karakternya yang meledak-ledak tetapi bijak mampu merangkul berbagai kalangan, kadang ia melawan bila tak seirama dengan pandangannya.

Sabri berani melakukan sesuatu yang beresiko demi untuk suatu yang diperjuangkan.  Ia mengutip nasehat Sutan Sjahrir di awal bukunya di halaman 11, " Hidup yang tidak dipertaruhkan tak pernah dimenangkan."

Motto yang di genggam Sabri inilah mengalirkan cerita menarik di antara kedekatanya dengan kalangan politisi, penguasa dan sahabat-sahabat. " Apapun jejak Sabri menjadi  catatan dan menoreh cerita di perjalanan Bangsa.Buku "Geografi  Sabri Saiman Berani Melawan Arus" ini merekam semua itu.

Baca Lainnya :

Apa yang dilakukan Sabri bukan untuk jabatan, tetapi sebagai sebuah ketulusan.Amien Rais dalam sambutannya dibuku ini mengatakan," Saya melihat Pak Sabri Saiman itu orang yang tulus.Ketulusannya tampak pada setiap perjuangan.Beliau juga saya kategorikan sebagai seorang intlektual.Meskipun bukan seorang yang bergelar doktor, pemikirannya luar biasa.Sebagai aktivis, Pak Sabri mampu membaca pikiran masyatakat lebih jernih dan lebih tepat lebih dari seorang  intlektual  yang bergelar tinggi tapi tidak mengakrabi masyatakat. Kemampuan membaca  kondisi dan situasi  masyarakat itulah yang membuat saya terbantu  saat berdikusi  dengannya."

Mantan Gubernur Anies Rasyid Baswedan senang dengan terbitnya buku ini." Saya turut  berbahagia atas penerbitan   buku geografi  yang bertajuk " Berani Melawan Arus ini".

Buku Geografi Sabri Saiman Berani Melawan Arus.Foto Ilustrasi IMN

Di  buku ini, kata Anies, "Kita bisa membaca kisah Pak Sabri sejak kecil hingga beliau berkiprah dalam kancah nasional.Ada  banyak yang menarik.Di antaranya  yang menonjol adalah ketika Indonesia mengalami krisis 1998, Pak Sabri ikut turun tangan langsung  membenahi urusan-urusan yang ada di negeri ini.Semangatnya selalu muda meskipun sebenarnya ketika itu ia telah menapaki jalan kemapanan," ungkap Anies di halaman 9.

Pujian buku ini juga datang dari mantan Menkeu Fuad Bawazier dan ekonom Faisal Basri, atas upaya Sabri Saiman  membuat buku biografi "Berani Melawan Arus" disampaikan ketiganya saat menghadiri acara peluncuran buku biografi mantan anggota DPR dan mantan Ketua PMI Jakarta Utara, Sabri Saiman di Bidakara, Jakarta Selatan, akhir Oktober lalu.

Pada saat itu juga tampak hadir  Gubernur DKI Jakarta diwakili Aspem, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, aktivis perempuan Ulla Nuchrawaty, mantan Dirut Pelindo 2 Abdullah Syaifuddin, Dirut Samudera Indonesia Bani Maulana Mulia, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Membaca buku geografi Sabri Saiman   yang terdiri dari 402 halaman, 11 bab, seakan melihat  dirinya melangkah di depan mata. Testimoni para tokoh, sahabat dan keluarga,  serta puisi kebangsaan yang dibuat dikemas menarik membuat  kita ingin terus menyimak  buku yang diterbitkan PT.Selancar Media Indonesia ini.

Secara metodelogis buku ini disajikan dengan style deskriptif dalam bentuk rangkaian  kisah perjalanan Sabri kemudian  disusun secara kronologis peristiwa demi peristiwa. Pengumpulan bahan dengan wawancara narasumber dan keluarga dan sahabat serta testimoni.

Sabri Saiaman mengaku tentang buku Geografi dirinya,  Berani Melawan Arus, yang dibuatnya,  bahwa ia tak berharap apa-apa." Kubuat untuk pelajaran bagi yang mudah-muda, Karena itu buku ini aku persembahkan untuk kaum milenial," kata Sabri dengan suara bergetar. ( M.Arifin Mukendar)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment