41 RT dan 17 Ruas Jalan Jakarta Diterjang Banjir, Pengendara Motor Masuk Tol Simatupang

By Indonesia Maritime News 06 Okt 2022, 20:38:17 WIB Sekitar Kita
41 RT dan 17 Ruas Jalan Jakarta Diterjang Banjir,   Pengendara Motor Masuk Tol Simatupang

Keterangan Gambar : Jakarta Banjir. Foto: Property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.xom (IMM),JAKARTA : Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya, Kamis (6/10/2022) menyebabkan banjir di sejumlah titik, tepatnya di 41 RT dan 17 ruas jalan. Banjir juga merendam ruas jalan hingga akses transportasi terganggu, bahkan sepeda motor pun tenggelam. 

Jumlah titik banjir di DKI Jakarta terus bertambah menjadi 41 RT dan 17 ruas jalan. BPBD DKI Jakarta mencatat sebanyak 270 jiwa terdampak banjir mengungsi. "BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 7 ruas jalan dan 5 RT, saat ini menjadi 17 ruas jalan dan 41 RT atau hanya 0,135% dari 30.470 RT yang ada di Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji.

Wilayah yang paling banyak terdampak banjir adalah daerah Jakarta Selatan. Akibat jalan tak bisa dilalui kendaraan, banyak sepeda motor yang terpaksa masuk Jalan Tol Simatupang. 

Baca Lainnya :

Banjir menerjang sejumlah titik di kawasan Jakarta dan sekitarnya sekitar pukul 15.00 WIB. Air dengan cepat meninggi dengan ketinggian bervariasi, antara 20 Cm hingga sekitar 90 Cm. Bukan hanya jalanan yang terendam banjir, sejumlah permukiman pun terendam.

 Permukiman warga yang terendam banjir antara lain: Jalan Kemang Selatan RT 3/RW 2, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Air mencapai ketinggian sekitar 60 Cm.

Di kawasan Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, genangan air mencapai ketinggian sekitar 10 hingga 30 cm. Wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, di Kompleks Taman Bona Indah juga tergenang. 

Di Jalan Fatmawati serta Jalan Simatupang, banjir juga membuat jalanan macet total. Arus lalu lintas pun lumpuh. Banyak sepeda motor yang terpaksa didorong akibat terendam banjir.

Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram, @jktinfo, banjir menutup Jalan TB Simatupang dari arah Cilandak Timur menuju Fatmawati. 

Petugas Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan pengalihan arus lalu lintas di Off Ramp Pondok Indah imbas banjir di Jalan TB Simatupang  mengarah Fatmawati. Sepeda motor pun diarahkan masuk ke jalan tol. 

DATA BPBD

Sementara itu data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, tercatat sebanyak 41 RT beserta 17 ruas jalan di Jakarta Selatan terdampak banjir.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji menjelaskan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Kamis (6/10), menyebabkan beberapa wilayah tergenang.

Sedangkan titik rendaman air seluruhnya terdapat di wilayah Jakarta Selatan dengan ketinggian air berkisar 30-120 cm. Berikut rinciannya: Di Jakarta Selatan terdapat 5 RT yang terdiri dari:

1. Kelurahan Pondok Pinang, Jumlah:1 RT,  Ketinggian: 50 cm

2. Kelurahan Pejaten Barat

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 40 cm

3. Kelurahan Cipete Utara

- Jumlah: 3 RT

- Ketinggian: 120 cm

Sedangkan 17 ruas jalan di wilayah Jakarta yang tergenang banjir di antaranya yaitu:

1. Jalan TB Simatupang, Kel. Cilandak Barat, Cilandak (JGC Indonesia), Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm

2. Jalan Jeruk Purut, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm

3. Jalan Raya Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm

4. Jalan Pejaten Raya, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm

5. Jalan Intan, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm

6. Jalan Komplek Polri, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm

7. Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm

8. Jalan Utan Kayu Selatan, Mataram, Jakarta Timur, tepatnya di depan SMP N 7 Jakarta. 

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah serta mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. 

Di wilayah lain, banjir juga melanda di tol BSD arah ke Serpong dan Jakarta, dengan ketinggian sekitar 40 cm sehingga ruas jalan kedua arah tidak bisa dilintasi kendaraan. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook