Pelindo Sabet Predikat Informatif di Ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022

By Indonesia Maritime News 16 Des 2022, 16:07:39 WIB Perhubungan
Pelindo Sabet Predikat Informatif di Ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022

Keterangan Gambar : Pelindo diwakili Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko, Mega Satria menerima penghargaan dari KIP. Foto: dok. Pelindo


Indonesiamaritimenews.com   ( IMN),JAKARTA:  PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyabet predikat Informatif dengan skor 94.43 pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP).

Acara ini digelar di Gading Serpong 

dipimpin oleh Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Donny Yoesgiantoro. Hadir dalam acara tersebut  Menko Polhukam, Mahfud MD dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pelindo diwakili oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Pelindo, Mega Satria. 

Baca Lainnya :

Penanggungjawab (PJ) Monev Komisi Informasi Pusat, Handoko Agung Saputro menyampaikan terjadi peningkatan signifikan terhadap pelaksanaan Anugerah Monev tahun 2022. Karena terdapat 122 Badan Publik berhasil menjadi Informatif dari tujuh kategori Badan Publik.

 “Capaian Badan Publik Informatif sebanyak 122 badan publik itu telah melampaui target rencana pembangunan jangka menengah nasional dari Bappenas, yakni sebanyak 98 Badan Publik Informatif,” katanya. 

EVALUASI

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik diselenggarakan untuk mengevaluasi implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 oleh tujuh kategori badan yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pemerintah Provinsi, Kementerian, Perguruan Tinggi Negeri, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LP/LPNK), Partai Politik, dan Lembaga Non-Struktural.  

Predikat Informatif merupakan predikat tertinggi dari keseluruhan lima kategori dengan bentang skor 90-100. 

Empat kategori lainnya yaitu Menuju Informatif (80-89,9); Cukup Informatif (60-79,9); Kurang Informatif (40-59,9) dan Tidak Informatif (<40).  

Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Pelindo, Mega Satria mengatakan pihaknya mengapresiasi penghargaan tersebut.  

“Saya mewakili manajemen Pelindo berterima kasih dan mengapresiasi Komisi Informasi Pusat yang telah memberikan penghargaan ini untuk Pelindo," kata Mega. 

Menjadi badan publik dengan predikat Informatif bagi Pelindo, sambung Mega, merupakan amanah yang besar. "Kami akan berupaya untuk terus menjaga dan meningkatkan kepercayaan serta pelayanan pada publik,” tandas Mega Satria. 

Pelindo berupaya terus untuk memberikan update terkait korporasi melalui website korporasi yang menjadi sumber utama pelayanan dan penyebarluasan informasi, kanal media sosial yang terintegrasi, serta melalui laporan tahunan (annual report) dan laporan keberlanjutan (sustainability report). (Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook