Ngeri! Kapal KMP Mutiara Berkah I Terbakar di Merak, 149 Penumpang Dievakuasi Pakai Crane

By Indonesia Maritime News 06 Sep 2023, 20:38:10 WIB Sekitar Kita
Ngeri! Kapal KMP Mutiara Berkah I Terbakar di Merak, 149 Penumpang Dievakuasi Pakai Crane

Keterangan Gambar : Kapal roro KMP Mutiara Berkah I terbakar di Pelabuhan Indak Kiat Pulp and Paper, Merak. Penumpang dievakuasi pakai crane. Foto: ist



Indonesiamaritimenews.com (IMN), MERAK: Kapal feri KMP Mutiara Berkah I terbakar di Pelabuhan Indah Kiat Pulp and Paper, Merak, Cilegon, Banten, Rabu (6/9/2023). Sebanyak 139 penumpang dan kru kapal dievakuasi, 5 di antaranya dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas.

Api yang diduga dari dek kapal mulai terlihat berkobar sekitar pukul 10.55 WIB dan dengan cepat membesar. Asap hitam yang membumbung membuat para penumpang merasa sesak nafas.

Baca Lainnya :

Penumpang pun panik. Delapan unit mobil damkar dan empat kapal tunda berjibaku memadamkan api. Ada 139 penumpang dan kru kapal dievakuasi ke daratan. Evakuasi penumpang berlangsung dramatis menggunakan crane milik Pelindo.

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin kepada wartawan, mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui. "Fokus ke pemadaman lebih dulu, katanya.

Kasi Ops Kantor SAR Banten Heru Amir mengatakan seluruh komponen SAR dikerahkan untuk memadamkan api. Menurut Heru, kapal tersebut hendak berangkat menuju Pelabuhan Panjang, Lampung.

Kobakaran api yang melalap badan kapal sulit dipadamkan. Hingga sekitar pukul 16:00 api masih terlihat menyambar badan kapal.

PENJELASAN KEMENHUB

Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui tim aksi cepat Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten, memberikan bantuan evakuasi insiden kebakaran kapal Roro KM. Mutiara Berkah 1 yang terjadi pada hari ini, pukul 10.00 WIB, di dermaga Indah Kiat Pulp and Paper.

Upaya pemadaman berlangsung intensif, melibatkan sejumlah sumber daya yang terdiri dari Kapal Patroli KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai),  5 kapal Tunda, 7 mobil pemadam, 2 Mobil tangki air tawar, dan 1 mobil crane.

Kepala KSOP Kelas I Banten, Capt. Hermanta mengungkapkan  seluruh awak kapal (ABK) dan penumpang yang berjumlah 139 orang telah dievakuasi dengan selamat.

"Alhamdulillah seluruh ABK serta penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat," ungkapnya.

Kapal KM. Mutiara Berkah 1, jenis Roro, GT.32645, tahun pembuatan 2003, berbendera Indonesia, dengan Nakhoda Willem Dikson Kaliwuge tersebut terbakar saat sedang sandar dan tengah memuat kendaraan dengan rute Merak - Panjang, Lampung.

Capt. Hermanta mengungkapkan saat menerima laporan kejadian tim aksi cepat langsung bermoordinasi terkait penggunaan mobil kesehatan dan mobil crane untuk menjemput seluruh penumpang dari dek anjungan.

"Kemudian langsung menghubungi dan mengkoordinasikan kapal tunda untuk melakukan pemadaman dari sisi laut. Menghubungi mobil pemadam yang berada di TUKS Banten dan berkoordinasi langsung dengan walikota Cilegon untuk mendapatkan bantuan kendaraan pemadam dari kota Cilegon," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan semua unsur pelabuhan dalam melakukan upaya memadamkan api.

"Jika terjadi situasi yang membahayakan pelabuhan, kami akan melakukan pemindahan kapal ke daerah yang aman agar tidak mengganggu aktivitas kapal lainnya," ungkapnya.

"Kami akan terus memberikan informasi terbaru sehubungan dengan kejadian ini. Keselamatan dan pemadaman yang efisien adalah prioritas utama kami. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang terlibat dalam penanganan kebakaran ini," tutupnya.(Riz/Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook