Kapal Isap Tenggelam di Bangka Belitung, 18 ABK Dievakuasi TNI AL

By Indonesia Maritime News 26 Agu 2023, 13:30:34 WIB Sekitar Kita
Kapal Isap Tenggelam di Bangka Belitung, 18 ABK Dievakuasi TNI AL

Keterangan Gambar : Kapal Isap Produksi (KIP) tenggelam di perairan Bangka Belitung, 18 ABK ditolong prajufit TNI AL. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), BANGKA BELITUNG: Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung berhasil menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) korban tenggelamnya Kapal Isap Produksi (KIP) 11 di sekitar Perairan Cupat (Teluk Kelabat), Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.

KIP-11 Milik PT. Timah Tbk tersebut diduga kelebihan muatan sehingga menyebabkan kapal terbalik dan perlahan tenggelam. Selain itu, cuaca buruk juga diduga menjadi faktor penyebab tenggelamnya kapal tersebut. Operasi penyelamatan ABK dilakukan pada Rabu (23/08/2023).

Baca Lainnya :

Menurut informasi salah satu ABK, sebelum KIP-11 terbalik lalu tenggelam, kapal dalam posisi miring ke kanan di kedalaman laut sekitar 5 meter. Hal tersebut karena kelebihan muatan di bagian kanan kapal tersebut.

Ketika diketahui KIP miring kemudian seluruh ABK standby untuk mengantisipasi bila kapal semakin sulit dikendalikan hingga menimbulkan kerugian lebih besar.

Kondisi cuaca yang cukup buruk, membuat kapal semakin miring ke kanan.  Kapal tersebut akhirnya terbalik dan tenggelam dengan cepat. Seluruh ABK segera menyelamatkan diri dengan peralatan seadanya yang dapat mengapung, selanjutnya meloncat ke laut.

Mendengar kejadian tersebut, Lanal Babel segera mengirimkan Patkamla Menumbing beserta Speed Boat Patroli PT. Timah bergerak menuju lokasi kejadian. Personel Patkamla Menumbing milik Lanal Babel akhirnya berhasil mengevakuasi seluruh ABK berjumlah 18 personel dalam keadaan selamat.

Belasan ABK tersebut selanjutnya menjalani pengecekan kesehatan dan penanganan medis untuk mengetahui kondisi mereka sebekum dikembalikan ke Kantor UPLB PT. Timah Belinyu. 

Keberhasilan TNI AL dalam menyelamatkan ABK sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan merespon cepat terhadap informasi yang diterima. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook