Ketua BNPT Boy Rafli: Keberagaman Adalah Anugerah Kekayaan Bangsa

By Indonesia Maritime News 07 Nov 2022, 07:46:22 WIB Seni & Budaya
Ketua BNPT Boy Rafli:  Keberagaman Adalah  Anugerah Kekayaan Bangsa

Keterangan Gambar : Ketua BNPT Komjen Pol Boy R dan Ketua RKLA Bunda Indah memberikan terangan pers .Foto: Property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com ( IMN), JAKARTA: Ketua BNPT Komjen Boy Rafli mengatakan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia adalah anugerah yang harus dijaga. Untuk mempererat persatuan bangsa, BNPT menggelar Parade Kebaya Nusantara yang diikuti oleh sekitar 6500 peserta hingga memecahkan rekor MURI.

“Keberagaman adalah kekayaan bangsa. Tidak banyak di dunia ini yang memiliki keberagaman,” kata Boy Rafli di Sarinah, Jl. Thamrin, Jakarta Pusat, usai menerima Piagam MURI usai acara Parade Kebaya Nusantara, Minggu (6/11/2022). Boy mengatakan, persatuan bangsa dari Sabang hingga Merauke melalui budaya, harus terus dirawat.

Seperti diberitakan indonesiamaritimenews.com, BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) menggandeng RKLA (Rumah Komunitas Lintas Agama) pimpinan Bunda Indah, kominitas Perempuan Berkebaya Indonesia pimpinan Rahmi Hidayat, serta organisasi lainnya menggelar Parade Kebaya Nusantara, di area Car Free Day (CFD) Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2022). 

Baca Lainnya :

Boy Rafli menyerukan masyarakat untuk mempererat persatuan melalui budaya bangsa. Kegiatan Parade Kebaya Nusantara diikuti oleh 77 Kementerian / lembaga, 17 perusahaan di bawah kementerian BUMN dan 115 komunitas yang berasal dari organisasi masyarakat, kepemudaan serta organisasi profesi, serta perorangan. Kegiatan ini diapresiasi oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dan dicatatkan sebagai Parade Budaya dengan Jumlah Peserta Terbanyak.

Kegiatan tersebut menurut Boy Rafli, juga merupakan simbol kolaborasi antara pemerintah dengan civil society guna memperkokoh jati diri bangsa. Ini membuktikan bahwa simbol daerah yang dimiliki Indonesia dari Sabang sampai Merauke merupakan satu kesatuan.

“Simbol-simbol kebhinekaan ini luar biasa. Dengan prinsip-prinsip yang memiliki semangat persatuan dan kesatuan, bergotong-royong, hormat-menghormati di tengah keberagaman, itu adalah identitas kita. Insya Allah hari ini akan kita buat bersama, kita gaungkan bahwa inilah Indonesia," ucap mantan Kapolda Papua ini.

Mantan Kadiv Humas Polri ini berharap, Parade Budaya Nusantara dapat menunjukkan kepada dunia bahwa Kebaya Indonesia adalah kekayaan bangsa Indonesia. Acara ini juga diharapkan akan lahirnya Hari Kebaya Nasional serta mendorong kebaya diakui oleh Unesco sebagai milik Indonesia. 

Boy Rafli mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, peserta serta pihak-pihak yang membantu terwujudnya acara ini. Jenderal bintang tiga ini berharap program kolaboratif antara pemerintah dan civil society untuk mengedukasi masyarakat, bisa terus dilakukan. (fat/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook