Ini Instruksi Menhub Soal Kapal Navigasi Hadapi Arus Balik Lebaran

By Indonesia Maritime News 07 Mei 2022, 18:56:58 WIB Perhubungan
Ini Instruksi Menhub Soal Kapal Navigasi Hadapi Arus Balik Lebaran

Keterangan Gambar : Kapal Ferry siap-siap muat kendaraan .Foto: Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstruksikan kapal Navigasi dan KPLP, siaga di titik-titik perairan yang krusial saat arus balik Lebaran 2022.  Tujuannya agar siap bila terjadi sesuatu.

Hal ini disampaikan Budi Karya, Sabtu (7/5/2022) atau H+4 Lebaran 2022 saat mengecek penanganan arus balik di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jateng.

“Kapal-kapal negara, kapal navigasi dan kapal KSOP bersiaga di semua tempat titik. Apakah di Madura, Selayar, Banjarmasin, Samarinda, Belawan. Semua teman-teman di navigasi dan KSOP siap mem-backup apabila terjadi sesuatu,” kata Budi Karya.

Baca Lainnya :

 Dia menyebut pemerintah telah menyiapkan dengan cermat dan hati-hati, dalam rangka mengantisipasi lonjakan arus mudik maupun balik yang terjadi di angkutan laut.

Berdasarkan survei Balitbanghub, pada tahun ini sekitar 1,4 juta orang mudik menggunakan kapal laut. Kemenhub telah meminta operator pelayaran untuk mengantisipasi daerah-daerah yang berpotensi mengalami lonjakan penumpang yang signifikan, dengan melakukan re-routing kapal-kapal ke daerah yang penumpangnya padat.

"Sehingga diharapkan dapat mencegah terjadinya kelebihan muatan kapal yang dapat membahayakan keselamatan," kata Menhub.

Sebelumnya, Menhub melepas rombongan arus balik Lebaran berangkat   naik  KM. Dharma Kartika VII tujuan Pontianak. "Saya hari ini gembira sekali bisa hadir di Pelabuhan Tanjung Mas, melepas masyarakat pada arus balik. Mereka ini akan kembali ke asalnya. Ada yang ke Pontianak sekitar 700 orang dan mereka bawa motor, mobil dan logistik,” kata Menhub. Menteri juga sempat berbincang-bincang dengan penumpang kapal.( Riz/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook