Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo, Rumah Ketua KPK Firli Bahuri Diisukan Digeledah Polisi

By Indonesia Maritime News 10 Okt 2023, 20:26:47 WIB Hukum
Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo, Rumah Ketua KPK Firli Bahuri Diisukan Digeledah Polisi

Keterangan Gambar : Ketua KPK Firli Bshuri. Foto: ist


Indonesiamaritimenews com (IMN), JAKARTA: Rumah Ketua KPK Firli Bahuri di kawasan Bekasi, Jawa Barat, diisukan digeledah polisi terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL), mantan Menteri Pertanian.

Isu beredar kencang setelah Polda Metro Jaya menaikkan status dugaan pemerasan SYK dengan terlapor pimpinan KPK, naik ke tahap penyidikan. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi wartawan tidak memberi jawaban gamblang, tidak membantah serta juga tidak membenarkan kabar itu. 

Baca Lainnya :

"Jadi saya berharap pada rekan-rekan, selain melakukan pengawasan juga tidak berspekulasi, juga tetap menunggu dari proses ini," ucap Trunoyudo di Mapolda Metro Jaya, Selasa (10/10/2023).

Trunoyudo mengaku belum mendapatkan informasi apa pun dari penyidik soal kabar penggeledahan rumah Firli. "Karena proses ini terus masih secara simultan, berkesinambungan, dan dilakukan langkah-langkah," sambung Trunoyudo.

Seperti diketahui, kasus dugaan pemerasan terhadap SYLpleh KPK saat ini sedang diusut Polda Metro Jaya. Kasus ini mencuat setelah beredarnya foto Firli Bahuri tengah bermain badminton bertemu dengan SYL dintepi lapangan. Pertemuan ini menimbulkan spekulasi dan isu-isu liar.

Penyidik Polda Metro Jaya sudah memeriksa saksi-saksi, salah satunya Kombes Irwan Anwar yang kini menjabat sebagai Kapoltabes Semarang. Dia mengaku mengenal dekat Firli dan SYL.

Kepada wartawan Irwan mengaku, Firli adalah atasannya sewaktu di Polda NTB tahun 2017, sementara SYL adalah paman istrinya. Dia juga membantah isu yang menyebutkan ia terlibat dalam penyerahan uang.

"Pak Firli adalah atasan langsung saya ketika saya menjabat Direktur Kriminal Umum di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) kira-kira tahun 2017. Kemudian, Pak Mentan (SYL) adalah paman saya, kebetulan bersaudara dengan mertua perempuan saya," ujar Irwan kepada wartawan. 

BANTAHAN FIRLI

Sementara itu Firli Bahuri membantah tuduhan miring yang dialamatkan kepadanya. Firli mengaku bertemu dengan SYL di lapangan badminton sebelum KPK memulai penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Firli mengaku bertemu Syahrul Yasin Limpo pada 2 Maret 2022 di tempat terbuka dan disaksikan banyak orang.

Menurut Firli, dugaan rasuah di Kementan baru naik ke tahap penyelidikan sekitar Januari 2023.

"Maka dalam waktu tersebut (2 Maret 2022), status saudara Syahrul Yasin Limpo bukan tersangka, terdakwa, terpidana, ataupun pihak yang berperkara di KPK," kata Firli dalam keterangan tertulis. (Arry/Oryza)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook