Awas! Semeru Muntahkan Awan Panas, Radius 8 Kilometer Daerah Terlarang

By Indonesia Maritime News 04 Des 2022, 15:52:05 WIB Sekitar Kita
Awas! Semeru Muntahkan Awan Panas, Radius 8 Kilometer Daerah Terlarang

Keterangan Gambar : Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, memuntahkan awan panas. Foto: Pos pantau PVMBG


Awas! Semeru 

Indonesiamaritimenews.com (IMN)JAKARTA: Tepat setahun setelah erupsi pada 4 Desember 2021, di tanggal yang sama Minggu (4/12/2022) Gunung Semeru di Jawa Timur kembali memuntahkan awan panas. Intensitas luncuran awan panas kian jauh, status Semeru kini ditingkatlkan dari Siaga menjadi Awas. 

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memuntahkan awan panas guguran (APG) pada dini hari, Minggu (4/12/2022) pukul 02.46. 

Baca Lainnya :

Minggu (4/12/2022) pukul 12.00 WIB, usai terjadi erupsi kembali, PVMBG Badan Geologi ESDM menaikkan status Gunung Semeru menaikkan status Semeru dari Siaga menjadi Awas atau level 3 naik ke level 4. 

Gunung Semeru memuntahkan awan panas pada pukul 02.46 WIB sesuai data Pos Pengamatan Gunung Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Minggu, 4 Desember 2022, pukul 02.46 WIB dengan tingg kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut)," dilansir dari laman resmi MAGMA Indonesia Kementerian ESDM, Minggu (4/12/2022).

Dalam laman Twitter @infosemeru juga disebutkan erupsi pertama terjadi pada pukul 02.46 WIB. Kolom abu termati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan. Erupsi Gunung Semeru tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik. Tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter di atas puncak gunung, sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut.

Minggu siang, erupsi kembali terjadi. Masyarakat yang berada di radius terdekat langsung mengungsi.  Kepala PVMBG Badan Geologi Hendra Gunawan mengimbau tidak ada aktivitas dalam radius 8 km dari puncak Gunung Semeru. Serta sektoral arah Tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang) sejauh 19 km dari puncak.

Dengan naiknya status Semeru dari Siaga menjadi Awas, pihak PVMBG Kementerian ESDM mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).


"Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak," tulis PVMBG Kementerian ESDM.

Masyarakat juga diminta tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.  Selain itu, potensi APG, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru juga harus diwaspadai.

Daerah yang perlu diwaspadai terutama di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook