Sail Tidore Sukses, Sandiaga Uno Optimistis Industri Pariwisata dan UMKM Terdongkrak

By Indonesia Maritime News 28 Nov 2022, 06:50:30 WIB Ekonomi
Sail Tidore Sukses, Sandiaga Uno Optimistis Industri Pariwisata dan UMKM Terdongkrak

Keterangan Gambar : Meriahnya atraksi Sail Tidore 2022. Foto: ist


 Indonesiamaritimenews.com  (IMN), JAKARTA:  Suksesnya kegiatan Sail Tidore 2022 di Pantai Tugulufa, Tidore mampu meningkatkan kesejahteraan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Maluku Utara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga ,;;;“Saya mengapresiasi kesuksesan kerja kolaborasi Sail Tidore ke-12. Ini adalah momentum kita untuk kebangvfqqkitan ekonomi khususnya di sektor pariwisata yang berbasis event. Namun, di sisi lain pelaku UMKM dan ekonomi kreatif juga terbantu ekonominya sehingga meningkat kesejahteraan hidupnya,” kata Sandi, sapaan Sandiaga Uno, saat menghadiri puncak perayaan Sail Tidore pada Sabtu 26 November.

Beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju juga hadir, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Baca Lainnya :

Rangkaian acara diisi dengan beragam atraksi menarik  antara lain penampilan personel TNI dalam free fall terjun payung, flying pass dari 4 pesawat TNI Angkatan Udara, serta parade kapal tradisional dan Kapal Perang TNI Angkatan Laut hingga KRI Bima Suci.

Sail Tidore 2022 yang digelar di Pantai Tugulufa, Tidore Kepulauan, telah mengenalkan potensi Tidore dan Maluku Utara secara keseluruhan kepada investor dan wisatawan mancanegara. Tidore  masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Karena itu destinasinya harus terus disiapkan dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.1 kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, UMKM serta komponen masyarakat. 

“Kami akan dorong Maluku Utara menjadi provinsi terbahagia di Indonesia, terendah inflasi, terendah pengangguran, dan tertinggi pertumbuhan ekonominya. Kita akan pastikan untuk mampu menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024,” tukas Sandi.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini melihat  sektor pariwisata adalah penggerak utama ekonomi di Tanah Air. Sehingga harus didukung oleh infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat. Begitu pariwisata berkembang, masyarakat lebih mudah meningkat kesejahteraan hidupnya, meningkat pula penghasilan dan taraf hidupnya.

“Dulu jalur rempah berawal dari Maluku Utara, kita akan mendorong dengan program Spice Up The World di mana kuliner menyumbangkan 42 persen kontribusi ekonomi. Jadi ini peran kita semua termasuk UMKM untuk mendorong penghidupan yang lebih baik,” katanya.

Puncak penyelenggaraan Sail Tidore menitikberatkan pada diangkatnya potensi wisata, seni, budaya, produk unggulan, dan investasi baik dari Tidore maupun dari seluruh Indonesia. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook