Pemprov Kalimantan Tengah, Tawarkan Alumni AMC bangun Kampus.

By Indonesia Maritime News 03 Okt 2023, 08:10:11 WIB Edukasi
Pemprov Kalimantan Tengah, Tawarkan Alumni AMC bangun Kampus.

Keterangan Gambar : Sekretaris Jenderal Corps Alumni AMC Khoirul Umam tengah.Foto: dok. AMC


Indonesiamaritimenews.com (IMN), PALANGKARAYA: Gubernur Kalimantan Tengah ajak Alumni Akademi Maritim Cirebon bangun Kampus di  daerahnya agar putra daerah dapat memanfaatkan peluang besar Maritim di Kalteng. Hal ini di sampaikan Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Yuas Elko Saat membuka Acara Musyawarah besar ( MUBES) Corps Alumni AMC di sebuah hotel di palangkaraya mewakili Gubernur.

Lebih lanjut Staff Ahli Gubernur tersebut menyampaikan, 'Kalimantan Tengah memiliki luas wilayah Laut dan Sungai tersebar di 8 Kabupaten, potensi besar tersebut belum tergali maksimal, kita berharap ada transfer knowledge dari Alumni AMC kepada masyarakat di Kalimantan Tengah ini," Ujarnya yang diterima tertulis indonesiamaritimenews.com, dikutip, Selasa (3/9/2023).

Selain Laut, lanjutnya, Kalimantan Tengah juga banyak memiliki sungai besar, Kahayan dan Barito yang bisa di lalui oleh kapal - kapal besar untuk bongkar atau muat.

Baca Lainnya :

Pemprov Kalimantan Tengah berharap Alumni AMC yang di Kalimantan Tengah dapat bersinergi dengan Pemprov Kalteng, sehingga kedepan banyak masyarakat Kalteng kuliah di kampus pelayaran tersebut.

Sekretaris Jenderal Corps Alumni AMC Khoirul Umam menyambut baik wacana dari Pemprov Kalteng tersebut, "Kami memiliki Sumber Daya Manusia ( SDM) yang sudah berpengalaman di kapal dan Operating Dermaga, tentu ini modal utama untuk mendukung keinginan Pemprov Kalteng tersebut mendirikan Kampus Pelayaran di Kalimantan Tengah ini, "sambut  Umam yang juga pengusaha jasa usaha pelayaran tersebut.

Sebagaimana revisi UU Pemerintahan Daerah, kewenangan atas laut 0-12 Mil Laut menjadi kewenangan Gubernur, tentu banyak potensi yang dapat di gali oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat nya.

"Kalimantan Tengah sangat potensial memiliki wilayah Laut, kedepan kita akan dorong agar di Kalimantan Tengah berdiri Kampus pelayaran tersebut,"kata Umam mengakhiri.(Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook