Panglima Kolinlamil: Koordinatif Lintas Sektoral, Dikedepankan Melindungi Maritim Indonesia

By Indonesia Maritime News 04 Mar 2023, 10:08:59 WIB Maritim
Panglima Kolinlamil:  Koordinatif Lintas Sektoral,  Dikedepankan  Melindungi  Maritim Indonesia

Keterangan Gambar : Foto: Dsipen Kolinlamil


indonesiamaritimenews.com ( IMN), Upaya  keselamatan dan mengamankan Pelayaran serta  lingkungan Maritim  Indonesia tidak bisa dijalankan sendiri tetapi butuh komitmen,integritas, soliditas, sinergisitas lintas sektoral.

Hal itu terungkap  pada saat upacara gelar pasukan
memperingati Hari Ulang Tahun ke-50 Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) serta Hari Ulang Tahun ke-35 Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP)  dilaksanakan di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023).

Upacara dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi dengan diikuti oleh pasukan dari TNI-Polri dan komponen pertahanan lainnya.

Baca Lainnya :

Pada Upacara gelar pasukan ini Komando Lintas Laut Militer mengirimkan prajuritnya.Tampak Hadir   Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengatakan," Di usianya yang ke-50 tahun KPLP dan Ke-35 Pangkalan PLP telah banyak berkontribusi menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di perairan Indonesia, "jelas Menhub.

Dalam menjalankan tugasnya, lanjut Budi Karya Sumardi,  seluruh insan KPLP terus menjunjung tinggi semboyan Dharma Jala Prajatama yang bermakna sebagai insan bahari selalu berusaha menjalankan pengabdian yang terbaik untuk bangsa dan negara dapat dijadikan pedoman dalam menjalankan pengabdian yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Panglima Kolinlamil melalui Aspotmar Pangkolinlamil menyampaikan,  keterlibatan Kolinlamil pada puncak peringatan HUT kedua instansi tersebut merupakan bentuk soliditas dan sinergitas yang telah terjalin selama ini.

“Sikap integritas, komitmen dan koordinatif lintas sektoral, terus dikedepankan untuk meningkatkan kinerja Kolinlamil dan stakeholder lainnya sebagai garda terdepan dalam memberikan perlindungan lingkungan maritim Indonesia.” ungkapnya.

Keterlibatan Kolinlamil dalam berbagai kegiatan yang digelar stakeholder Maritim merupakan implementasi dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa prajurit TNI AL harus memperkokoh soliditas dan jalin sinergitas dengan Polri, instansi Pemerintah maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI.( M.Arifin Mukendar)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook