Lily Wahid Dikebumikan di Dekat Makam Gus Dur, Kompleks Pesantren Tebuireng Jombang

By Indonesia Maritime News 10 Mei 2022, 08:45:22 WIB Hiburan
Lily Wahid Dikebumikan di Dekat Makam Gus Dur, Kompleks Pesantren Tebuireng Jombang

Keterangan Gambar : Lili Chodijah Wahid. Foto: instagram alissa_wahid


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA :Lily Chodijah Wahid binti KH Abdul Wahid Hasyim,  meninggal dunia pada Senin (9/5/2022). Almarhumah dimakamkan di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, di dekat makam kakaknya, Gus Dur, Selasa (10/5/2022).

Lily Wahid meninggal dunia dalam usia 74 tahun. Ia sebelumnya dirawat di Pusat Jantung Terpadu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) karena mengalami gangguan jantung. Menurut keponakannya, Alissa Wahid, Lily pada akhir April 2022 lalu menjalani proses pemasangan stent atau ring di jantungnya di Jakarta Heart Center, Matraman, Jakarta. Ia sempat mengalami komplikasi sepsis, infeksi di paru-paru dan penyumbatan pendarahan di kepala sebelum akhirnya meninggal dunia.

Sebelum dibawa ke Jombang, jenazah adik kandung Presiden ke-5 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini disemayamkan di rumah duka di klaster West Covina, Kota Wisata Cibubur, Bogor. 

Baca Lainnya :

Ahmad Baedowi,  menantu Lily Wahid mengatakan almarhumah di usia yang sudah sepuh ditemani putri bungsunya. "Karena sudah sepuh beliau tinggal di sini sama putrinya yang bungsu. Kami tinggal berlima sama almarhumah," kata Ahmad Baedowi.

Sejumlah pejabat dan tokoh datang melayat pada Jumat malam. Di antaranya Menpan RB Tjahyo Kumolo, Meparekraf Sandiaga Uno, Ketum.PKB Muhaimin Iskandar dan lainnya. Karangan bunga dari Presiden Joko Widodo, para pejabat dan tokoh-tokoh penting juga berjejer panjang.

DIMAKAMKAN DI TEBUIRENG

Lily Wahid dimakamkan di makam keluarga Ponpes Tebuireng, Jombang, Jatim. Posis pusara Lily disiapkan di sebelah ulama besar, Kiai Maksum Ali.

Lokasi makam jenazah Lily di makam keluarga ini dibenarkan oleh Mundzir Pondok Pesantren Tebuireng, H Lukman Hakim.

Di makam keluarga Pesantren Tebuireng, Jombang terdapat makam keluarga besar almarhumah. Di antaranya makam Hadratussekh Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama sekaligus kakek Lily Wahid, kemudian makam ayahnya KH Abdul Wahid Hasyim dan makam saudaranya, yakni Gus Dur serta KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah).

Humas Pesantren Tebuireng Jombang, M Abror Rasyidin dalam keterangan tertulisnya mengatakan lokasi makam Lily Wahid rencananya berada di sebelah tenggara (pojok timur dan selatan) makam Gus Dur. Jaraknya sekitar lima meter dari makam KH Hasyim Asy'ari. Posisinya di depannya makam Kiai Maksum Ali atau samping makam Nyai Nadhifah.( Arry//Oriz)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook