Kementerian Kelautan, Grab, Pemkot Medan Kolaborasi Pasarkan Hasil UMKM Perikanan

By Indonesia Maritime News 10 Okt 2022, 21:20:44 WIB Nasional
Kementerian Kelautan, Grab, Pemkot Medan   Kolaborasi Pasarkan Hasil UMKM Perikanan

Keterangan Gambar : Kegiatan kolaborasai peningkatan pemasaran produk UMKM di Medan. Foto: dok. KKP


Indonesiamaritimenews.com (IMM),MEDAN : Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkolaborasi dengan Pemkot Medan dan Grab Indonesia dalam pemasaran produk perikanan. Kolaborasi dilakukan untuk penguatan pasar bagi produk-produk kelautan dan perikanan hasil dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

 Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP, I Nyoman Radiarta mengatakan Pemberdayaan masyarakat adalah upaya memampukan dan memandirikan masyarakat melalui berbagai upaya.  Antara lain menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi bagi masyarakat untuk berkembang, meningkatkan kapasitas dengan memperkuat potensi yang dimiliki oleh masyarakat.  sehingga ekonomi masyarakat pesisir khususnya dapat meningkat lebih baik.

Hal ini dikatakan I Nyoman dalam kunjungannya, Rabu (5/10/2022), ke Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Medan, Sumatera Utara. Ketika itu sedang ada kegiatan lomba pelatihan yang diselenggarakan BPPP Medan bagi masyarakat.

Baca Lainnya :

Pelatihan tersebut antara lain pembuatan alat tangkap gill net untuk nelayan dan pelatihan diversifikasi olahan hasil perikanan bagi pengolah ikan yang diikuti oleh istri-istri nelayan Belawan, Medan, serta lomba mewarnai untuk anak-anak dalam rangka mengkampanyekan pencegahan stunting dengan makan ikan.

 "Kegiatan ini adalah bentuk nyata upaya pengembangan masyarakat pesisir di kampung nelayan maju. Istri-istri nelayan diberikan pelatihan pengolahan hasil perikanan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai jual ikan itu sendiri, serta sebagai dukungan dalam menekan angka stunting di Kota Medan," ujar Nyoman dalam rilis resmi KKP yang dikutip Senin (10/10/2022).

 Seementara itu Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP) BRSDM, Lilly Aprilya Pregiwati mengatakan, kegiatan lain yang digelar adalah Kolaborasi Strategis Pemasaran Produk UMKM Olahan Perikanan Pemkot Medan dan BPPP Medan Melalui Platform Grab Indonesia. 

Lily berharap, dengan adanya gelar produk UMKM Olahan Perikanan dapat dibangun sebuah jaringan pelaku usaha pengolah dan pemasar hasil perikanan. Tujuannya agar terbangun komunitas usaha yang dapat saling bersinergi mengembangkan produksi olahan hasil perikanan.

APRESIASI BOBBY

Wali Kota Medan, M. Bobby Afif Nasution mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengucapkan terima kasih kepada KKP dan Grab Indonesia yang telah bersama-sama bersinergi untuk pemberdayaan masyarakat.

 Apresiasi dan terima kasih juga disampaikan oleh Direktur Grab Indonesia Zefanya Richard Adhitya Uun Ainurrofiq. Ia mengatakan, pihaknya menjalankan Program Co-Creation for a Smarter City untuk mendukung pemberdayaan UMKM Medan di berbagai bidang, termasuk di bidang kelautan dan perikanan hasil kerja sama KKP dan Pemerintah Kota Medan.

 "Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan penuh dan dukungan kepada Grab Indonesia. Semoga kami bisa terus memberikan dampak positif melalui berbagai upaya dan inovasi kami," tandasnya. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook