Direvitalisasi Pelindo, Terminal Penumpang Pelabuhan Waingapu Didesain Local Wisdom dan Lebih Nyaman

By Indonesia Maritime News 07 Nov 2022, 11:22:35 WIB Pelabuhan
Direvitalisasi Pelindo, Terminal Penumpang Pelabuhan Waingapu Didesain Local Wisdom dan Lebih Nyaman

Keterangan Gambar : Terminal Penumpang Pelabuhan Waingapu. Foto: dok. Pelindo


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) meningkatkan pelayanan prima dengan mengembangkan pelabuhan di daerah. Salah satunya, revitalisasi terminal penumpang baru di Pelabuhan Waingapu, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki kapasitas tampung hingga 1.500 orang. 

Pembangunan ini untuk memberi pelayanan bagi masyarakat pengguna jasa angkutan laut di Sumba Timur, Pulau Sumba. Peresmian dilakukan pada Jumat (4/11/2022) oleh Asisten Deputi Kementerian BUMN Bidang Jasa Logistik, Desty Arlaini; Dirut Pelindo, Arif Suhartono; dan Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu. 

Hadir pula Direktur Pengelola PT Pelabuhan indonesia (Persero) Putut Sri Muljanto, dan Regional Head 3 PT Pelabuhan indonesia Ardhy Wahyu Basuki, GM Pelindo Pelabuhan Waingapu, Muhammad Adib Fadli serta Kepala KSOP kelas IV Pelabuhan Waingapu Kapt Hendri. 

Baca Lainnya :

LEBIH NYAMAN            Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, dalam sambutannya mengatakan pembangunan terminal tersebut bertujuan  mengakomodasi pergerakan keluar masuk penumpang yang bertambah banyak, yaitu sekitar 70.000 orang dalam setahun atau sekitar 200 orang per hari. 

“Untuk mengatasi tingginya pergerakan penumpang di terminal penumpang Pelabuhan Waingapu, kami merasa perlu adanya pembangunan fasilitas terminal penumpang yang lebih layak dan memadai,” kata Ardhy. 

Setelah direvitalisasi, terminal penumpang baru ini menambah luasan sekitar 1500 m2 yang dapat menampung 1.000 orang lebih. Sebelum dibangun, terminal itu hanya mampu menampung  200 orang.  Ardhy menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sumba Timur dan para stakeholder yang mendukung pembangunan tersebut. 

Revitalisasi terminal penumpang Waingapu dimulai sejak 1 September 2021 dengan mengusung konsep budaya lokal.  Desain atap terminal mengusung konsep local wisdom yang menyerupai rumah adat masyarakat Sumba Timur.

Terminal ini dilengkapi dengan fasilitas tambahan yang membuat penumpang lebih nyaman antara lain ruang ber-AC, CCTV, ruang tunggu VIP, penambahan toilet, mushala, serta ruang laktasi dan kesehatan.

SANGAT DIBUTUHKAN   Sementara itu, Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu mengapresiasi Pelindo dalam revitalisasi terminal penumpang tersebut.  Fasilitas ini memang sangat dibutuhkan, karena terminal penumpang yang lama sudah tidak layak. 

David berharap kedepannya kerjasama yang baik tetap terjaga, mengingat Pelabuhan adalah obyek vital yang mempengaruhi pembangunan ekonomi di Sumba Timur. David meminta Terminal Penumpang tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di Sumba. (Arry/Oryza)Direvitalisasi Pelindo, Terminal Penumpang Pelabuhan Waingapu Didesain Local Wisdom dan Lebih Nyaman ( Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment