TNI AL Gelar Program Kali Bersih Nusantara, Kasal: Wujudkan Visi Indonesia Emas

By Indonesia Maritime News 06 Sep 2023, 17:38:50 WIB Hankam
TNI AL Gelar Program Kali Bersih Nusantara, Kasal: Wujudkan Visi Indonesia Emas

Keterangan Gambar : TNI Angkatan Laut dalam hal ini Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) menggelar kegiatan Pembinaan Mental Tradisi Kejuangan yang mengangkat tema "Single Navy Programme Dalam Mewujudkan Prajurit Matra Laut Yang Militan Dan Bermartabat". Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 TNI AL, digelar rangkaian kegiatan sosial. Salah satunya Program Kali Bersih Nusantara yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan di Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (5/9/2023). Pelaksanaan kegiatan Program Kali Bersih digelar dari 78 titik satuan TNI AL di selur Indonesia.

Baca Lainnya :

Kegiatan ini mengangkat tema “Melalui Program Kali Bersih, TNI AL Bersama Masyarakat Siap Menjaga Kelestarian Lingkungan Guna Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. TNI AL mengajak seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan kelestarian lingkungan hidup di sepanjang daerah aliran sungai, yang dilaksanakan secara serentak di 78 lokasi di seluruh wilayah Nusantara.

Kasal mengatakan, sungai adalah tempat tumbuhnya peradaban manusia, yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga, pertanian, perikanan dan transportasi. Selain itu, sungai juga memiliki fungsi penting bagi alam, yaitu sebagai pendukung utama kehidupan flora dan fauna. 

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa terhadap kelestarian lingkungan hidup guna mendukung strategi pemerintah dalam pembangunan kesehatan, pemantapan ketahanan air dan ketahanan nasional yang telah ditetapkan sebagai salah satu pilar utama untuk mendukung upaya pembangunan yang berkelanjutan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045”, ungkap Kasal.

Laksamana TNI Muhammad Ali terjun langsung melaksanakan pembersihan sungai bersama Para Pejabat Tinggi TNI AL, serta para pejabat dari kementerian, melakukan penanaman pohon dan pemberian sembako kepada perwakilan warga.

Kepada awak media, Kasal menjelaskan keterlibatan personel TNI dalam kegiatan program kali bersih ini kurang lebih 13.000 personel. Prajurit TNI berkolaborasi dengan seluruh masyarakat, warga, TNI-POLRI, kementerian, lembaga, dan kedinasan-kedinasan yang berada di seluruh daerah. 

Turut hadir dalam Program Kali Bersih di Cilincing di antaranya: Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, Pejabat Utama Mabesal, Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Jakarta, Perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Rofi Alhanif.

Hadir pula perwakilan Kementerian PUPR Muhammad Ade Rizaldi, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Ir. Sigit Reliantoro, serta pejabat terkait lainnya. (Riz/Oryza(




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook