Perkuat Keamanan Berbatasan Negara, TNI AL dan Angkatan Laut Filipina Adakan Intelligent Conferenc

By Indonesia Maritime News 04 Sep 2023, 16:16:56 WIB Hankam
 Perkuat Keamanan Berbatasan Negara, TNI AL dan Angkatan Laut Filipina  Adakan Intelligent Conferenc

Keterangan Gambar : Wakil Asisten Intelijen (Asintel) Kasal Laksamana Pertama TNI Akmal beserta perwira lainnya melaksanakan kegiatan 4th Intelligent Conference (INTELCON) dengan Angkatan Laut Filipina bertempat di City State Asturias Hotel Palawan Filipina. Foto: Dispenal


Perkuat Keamanan Berbatasan Negara, TNI AL dan Angkatan Laut Filipina  Adakan Intelligent Conference 

Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki perbatasan laut dengan 10 negara tetangga, salah satunya Filipina. Stabilitas keamanan laut di daerah perbatasan merupakan hal penting dalam menjamin stabilitas di kawasan. 

Sebagai langkah untuk mewujudkan hal tersebut TNI Angkatan Laut melaksanakan beberapa pertemuan secara periodik dengan Angkatan Laut negara tetangga. Kali ini dipimpin oleh Wakil Asisten Intelijen (Asintel) Kasal Laksamana Pertama TNI Akmal beserta perwira lainnya melaksanakan kegiatan 4th Intelligent Conference (INTELCON) bertempat di City State Asturias Hotel Palawan, Filipina, Rabu (30/8/2022).

Baca Lainnya :

Hubungan diplomasi dan kerjasama antara TNI AL dengan Angkatan Laut Filipina sudah berjalan sejak lama dan telah mampu mendemonstrasikan stabilitas keamanan laut, utamanya di wilayah perbatasan, dengan melaksanakan dialog, patroli terkoordinasi, latihan, pertukaran perwira dan pertukaran informasi.

Dalam pertemuan ini, Filipina Navy menyampaikan Maritime Security Situation Updates dalam kurun waktu satu tahun yang sangat dibutuhkan dalam mewujudkan stabilatas keamanan wilayah perbatasan. Sedangkan delegasi TNI AL mempresentasikan tentang Updating Maritime Security of Sulawesi Sea from Indonesia Perspective. Di akhir kegiatan kedua Angkatan Laut saling bertukar cinderamata sebagai tanda persahabatan antar kedua negara.

Di sela-sela kegiatan, delegasi dari TNI AL juga melaksanakan kunjungan hormat ke Western Commander (Wescom) dan disambut hangat oleh Wescom Chief, Vice Admiral Alberto B Carlos. Selama pertemuan, kedua Angkatan Laut membahas tentang cara mengoptimalkan pertukaran informasi dan memperkuat kemitraan.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan serta menjaga hubungan diplomasi yang baik antar negara-negara sahabat. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook