Operasi Lilin 2023 Kerahkan 129.923 Personel Gabungan

By Indonesia Maritime News 21 Des 2023, 17:47:40 WIB Hukum
Operasi Lilin 2023 Kerahkan 129.923 Personel Gabungan

Keterangan Gambar : Wakapolri Komjen Agus Andrianto dan Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 di Monas. Foto: Polri



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA:  Sebanyak 129.923 personel gabungan terdiri dari TNI-Polri, Dishub, pemerintah daerah dan jajaran terkait, dikerahkan untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Polri sendiei mengerahkan 79 ribu personel, sedangkan TNI menurunkan 59 ribu personel TNI. Kekuatan dan kesiapan pasukan pengamanan ini tergambar dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan Operasi Lilin 2024 di Monas, Kamis (21/12/2024).

Baca Lainnya :

Wakapolri Komjen Agus Andrianto dan Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan, menjadi inspektur upacara dalam Operasi Lilin tahun ini. Karena Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, sedang berada di IKN mendampingi Presiden Jokowi.

Apel tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat antara lain Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, Kabaharkam Polri, Komjen Fadil Imran, dan Kakorlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi.

Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan, Polri dan TNI serta pemerintah daerah akan melakukan pengaman dengan menyiapkan berbagai langkah.

“Tadi juga rekan-rekan lihat kesiapan personelnya ini adalah langkah awal pengamanan Natal dan Tahun Baru.  Bilamana ada bencana sudah dilakukan langkah-langkah antisipasi, TNI siap membantu kepolisian untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024,” ujar Wakapolri.

Agus mengatakan, Polri telah menyiapkan langkah antisipasi untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Salah satunya adalah rekayasa lalu lintas di sejumlah titik yang berpotensi mengalami kepadatan arus mudik dan arus balik.

“Kita tahu akan ada 107 juta orang yg akan mudik, dari tempat kritis salah satunya di Cipali, disitu ada traffic yg kita perhatikan dan dilakukan rekayasa lalu lintas, yg kedua di Ketapang Gili manuk, yg ketiga di merak,” kata mantan Kabareskrim Polri ini.

Polri juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Karena keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama Polri dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Dari riset banyak sekali yang menggunakan motor namun kita sarankan jangan mudik menggunakan motor oleh karena itu kita siapkan mudik gratis bagi masyarakat,” tandas Agus. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook