Lebaran Masih Jauh, Pasar Tanah Abang Sudah Penuh Sesak Pengunjung

By Indonesia Maritime News 23 Mar 2023, 15:45:47 WIB Ekonomi
Lebaran Masih Jauh, Pasar Tanah Abang Sudah Penuh Sesak Pengunjung

Keterangan Gambar : Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, padat pengunjung. Foto: indonesiamaritimenews.com


Lebaran 


Indonesiamaritimenews com (IMN) JAKARTA: Hari Raya Idul Fitri 2023 masih 4 pekan lagi. Namun antusias masyarakat yang ingin membeli baju baru buat Lebaran rupanya sangat tinggi. Ini terlihat dari geliat ekonomi dan kepadatan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, sehari menjelang Ramadan 2023.

Baca Lainnya :

Pasar grosir pakaian terbesar se-Asia Tenggara itu sangat padat pada Rabu 22 Maret kemarin. Lalu lintas juga macet cet, kendaraan menuju Tanah Abang bahkan sampai tidak bergerak. Baik angkutan umum maupun kendaraan pribadi merayap berjam-jam. 

Kepadatan diperparah dengan membludaknya penumpang kereta api yang turun di Tanah Abang. "Mungkin karena libur Hari Raya Nyepi," kata seorang pengunjung Pasar Tanah Abang.

Penumpang kereta dari stasiun langsung menuju Skybridge atau jembatan layang menuju Blok A dan Blok B. Di Skybridge ini puluhan lapak pedagang pakaian menjajakan dagangan. Tak ayal lagi 'pasar Skybridge' ini dipadati pengunjung.

Lorong arah Blok F, Blok A dan Blok B juga dipadati pejalan kaki. Begitu sampai di Blok Pasar Tanah Abang, terlihat pasar pusat grosir pakaian ini sangat padat. Pengunjung umumnya membeli baju untuk persiapan Lebaran, baik model gamis maupun model lainnya.

"Mumpung hari libur dan belum puasa. Mendingan belanja sekarang," kata Nina, pengunjung Pasar Tanah Abang.

Ribuan bahkan mungkin puluhan ribu pengunjung datang sikuh berganti. Pakaian yang dibeli pun beragam, mulai dari baju koko anak-anak, gamis dewasa dan model pakaian lainnya. Selain pakaian, mukena dan perlengkapan shalat serta asesoris juga diminati pengunjung. 

Seorang pedagang mengatakan aktivitas jual beli di Pasar Tanah Abang mulai membaik dibanding tahun lalu. Namun belum normal seperti sebelum pandemi Covid-19 dua tahun silam. Ketika ada pembatasan aktivitas warga pada 2019-2022, dampaknya sangat memukul roda ekonomi di Pasar Tanah Abang.

"Keramaian biasanya terjadi sampai H-7 Lebaran nanti. Apalagi kalau THR sudah cair," kata Uda Ujang, pedagang pakaian. Dia berharap geliat ekonomi di Pasar Tanah Abang tahun membaik. (FAT/TED/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook