Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali: Pendidikan Membentuk SDM Berkualitas dan Berdaya Saing

By Indonesia Maritime News 11 Jun 2023, 08:19:41 WIB Edukasi
Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali: Pendidikan Membentuk SDM Berkualitas dan Berdaya Saing

Keterangan Gambar : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan pembangunan berbagai fasilitas pendidikan dan latihan di lingkungan TNI AL.Foto: Dispenal


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan pembangunan berbagai fasilitas pendidikan dan latihan di lingkungan TNI AL. Kasal mengatakan, peran pendidikan sangat penting untuk membentuk SDM berkualitas.

Fasilitas pendidikan tersebut yaitu Gedung Satuan Pendidikan (Satdik) 1, 2, dan 3 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) serta pembangunan Sky Diving Simulator di Surabaya. Peresmian berlangsung di Markas Komando (Mako) Satdik 2 Kodiklatal, Makassar pada  Kamis 8 Juni 2023 lalu.

Kasal mengatakan, peran pendidikan sangatlah penting untuk melahirkan generasi muda yang berkualitas. “Pemerintah telah menetapkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan, sebagai salah satu program prioritas nasional, yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing”, ungkap Kasal dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (11/6/2023).

Untuk mendukung pembangunan SDM yang tangguh dan profesional, sambung Kasal, dibutuhkan kerja keras dan komitmen yang tinggi dari semua pihak. Kemajuan teknologi yang semakin pesat dan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang semakin dinamis, tentunya diikuti oleh tantangan tugas yang juga semakin kompleks.

Baca Lainnya :

Tujuan dibangunnya fasilitas tersebut afalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi para calon prajurit TNI Angkatan Laut yang berasal dari seluruh penjuru nusantara. Satdik 1 berada di Tanjung Uban, Satdik 2 berada di Makassar dan Satdik 3 berada di Sorong.

"Keberadaan Satdik ini ditujukan untuk merekrut atau melaksanakan pengadaan personel, pengawak dari organisasi TNI AL, baik yang mengawaki alutsista maupun mereka yang akan mengawaki Pangkalan-Pangkalan, Posal-Posal, dan termasuk kantor-kantor yang berada di wilayah masing-masing”, ungkap Kasal.  

Selain peresmian pembangunan gedung Satdik, juga diresmikan Sky Diving Simulator 01 di Surabaya. Pembangunan simulator ini bertujuan meningkatkan kecakapan prajurit dalam hal kemampuan terjun payung. 

Sky Diving simulator ini diharapkan dapat memberikan pelatihan simulasi terjun payung yang lebih realistis dan aman. Sehingga dapat mengasah keterampilan, melatih teknik peterjun serta meningkatkan kepercayaan diri prajurit sebelum melakukan terjun payung yang sebenarnya dalam penugasan. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook