Dukung Pemerataan Pendidikan, Kolaborasi Subholding Pelindo Selenggarakan Paket B Gratis

By Indonesia Maritime News 04 Jun 2023, 08:55:16 WIB Edukasi
Dukung Pemerataan Pendidikan,  Kolaborasi Subholding Pelindo Selenggarakan Paket B Gratis

Keterangan Gambar : PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo, menyelenggaraan Program Paket B gratis.Foto.Dok Humas SPSL.


Indonesiamaritimenews.xom ( IMN),JAKARTA:  PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo, mendukung akselerasi peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan di Indonesia melalui penyelenggaraan Program Paket B gratis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, angka putus sekolah di Indonesia pada tahun 2022 meningkat. Kondisi ini terjadi di seluruh jenjang pendidikan, baik Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada tahun yang sama angka putus sekolah di jenjang SMP tercatat sebesar 1,06%. Persentase ini meningkat 0,16% dari tahun sebelumnya yakni 0,90%.

Karenanya SPSL menyelenggarakan program Paket B bagi siswa-siswi putus sekolah. Program ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan serta peran aktif SPSL dalam mendukung pemerintah untuk memerataan pendidikan. Sebanyak 30 (tiga puluh) orang peserta didik yang berdomisili di wilayah kerja perusahaan mengikuti program ini. 

Senior Vice President Sekretariat Perusahaan, Kiki M Hikmat mengatakan progran Paket B ini merupakan salah satu bentuk komitmen perseroan untuk terus berkontribusi mengambil peran mengurangi angka putus sekolah serta meningkatkan kualitas pendidikan.

"Program ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan keberlanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pada tujuan SDGs ke-4 yaitu Pendidikan Berkualitas (Quality Education),” ujar Kiki M Hikmat dalam keterangan tertulis dilansir Minggu (4/6/2023).

Sedangkan dalam pelaksanaannya SPSL berkolaborasi dengan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dan Anak Perusahaan dari Subholding lainnya yaitu PT New Priok Terminal Container Terminal One (NPCT1) dan PT Indonesia Kendaraan Terminal.

Kolaborasi juga dilakukan dengan PT IPC Terminal Petikemas, PT Pelabuhan Tanjung Priok, PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT IPCTPK, dan juga Anak Perusahaan SPSL, PT Akses Pelabuhan Indonesia, dan PT Multi Terminal Indonesia, serta menggandeng PKMB Aisyah sebagai tenaga didik.

Melalui program Paket B ini, diharapkan SPSL dapat memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya bagi masyarakat yang putus sekolah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Harapannya mereka dapat menyelesaikan pendidikan setara SMP dan melanjutkan pendidikan kembali ke jenjang yang lebih tinggi.

“Sebagai Anak Perusahaan BUMN, kami akan terus berkomitmen untuk melaksanakan program TJSL di bidang pendidikan secara konsisten sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk menggalakkan Program Merdeka Belajar dan Kampanye Sekolah Sehat, sehingga terwujud nya generasi muda Indonesia yang sehat, cerdas, unggul, berdaya saing, dan berkarakter,”  tandas Kiki. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook