Talkshow di Unair, Dirut SPJM Tekankan Pentingnya Optimalisasi SDM

By Indonesia Maritime News 22 Okt 2023, 15:44:21 WIB Edukasi
Talkshow di Unair, Dirut SPJM Tekankan Pentingnya Optimalisasi SDM

Keterangan Gambar : Dirut PT Pelindo Jasa Maritim, Prasetyadi (kanan) menjadi narasumber talksow si Unair Surabaya. Foto: Humas SPJM


 

Indonesiamaritimenews.com (IMN), MAKASSAR: Dirut PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), Prasetyadi menekankan pentingnya time managementvdan change management pada pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Dua poin itu sangat penting untuk menghadapi persaingan industri global.


Baca Lainnya :

Hal ini dikatakan Prasetyadi saat didapuk sebagai narasumber acara talkshow yang diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya. 

Talkshow bertajuk "Act Nationally Think Globally: The Role of Human Resources Empowerment for Advanced Indonesia" digelar di Ruang Majapahit ASEEC Tower Universitas Airlangga pada Sabtu 21 Oktober 2023.

Prasetyadi memaparkan tentang PT Pelindo Jasa Maritim, dengan mengangkat sisi pengembangan kapabilitas dan kualitas SDM sebagai salah satu enabler yang perlu dilakukan untuk mendukung pencapaian visi perusahaan.

Ia menjelaskan, Pelindo bergerak di bidang jasa kepelabuhanan. Sehingga soal SDM menjadi hal yang sangat penting. "Karena bidang kita ini adalah service, jadi soal SDM adalah sangat-sangat penting," ungkap Prasetyadi. 

Bila perusahaan beegerak di bidang service tidak punya SDM unggul, sambung Prasetyadi, sudah pasti akan kalah. Ia juga memaparkan 8 skill yang harus dimiliki oleh di era digitalisasi ini yakni: berfikir analitis dan inovatif, kreativitas, adaptasi, emotional intellegence, literasi teknis, clous computing, data analysis dan produksi video. 

Prasetyadi menyebutkan, ada dua poin penting dalam menghadapi persaingan global. "Time management dan Change Management pada pengelolaan sumber daya manusia merupakan dua hal penting yang perlu menjadi perhatian kita bersama khususnya untuk menghadapi persaingan industri global," kata Prasetyadi.

Ia juga membeberkan peran SPJM dalam mengoptimalkan potensi SDM sektor maritim termasuk dukungan terhadap dunia pendidikan. Beberapa program yang digelar antara lain Magenta (Magang Bertalenta) untuk pelajar, mahasiswa, dan fresh graduate untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah.

Selain itu ada rekruitmen bersama BUMN untuk disabilitas, dan program Pelindo Mengajar untuk mengenalkan menjelaskan peran BUMN Pelindo dalam rantai logistik perekonomian Indonesia kepada pelajar.

DORONG PERAN SDM

Sementara itu ketua panitia penyelenggara, Tomi Basuki, S.Psi dalam sambutannya menjelaskan soal tema yang diangkat yaitu 'Act Nationally Think Globally: The Role of Human Resources Empowerment for Advanced Indonesia'.

"Tema ini mencerminkan semangat kita untuk mendorong peran sumber daya manusia dalam mencapai kemajuan Indonesia dan berkontribusi secara global," jelas Tomi.

Sedangkan Wakil Direktur Bidang Akademik Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Prof. Dr. Rudi Purwono, S.E., M.SE dalam sambutannya menyebutkan bahwa think globally merupakan salah satu unsur penting khususnya dalam konteks sumber daya manusia dalam era 5.0 menuju Indonesia Emas 2045.

Turut Hadir dalam acara tersebut, Wakil Direktur Bidang Akademik Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Prof. Dr. Rudi Purwono, S.E., M.SE, Wakil Direktur Bidang Sumberdaya dan Informasi Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Prof. Dr. Rr. Sri Pantja Madyawati, drh., M.Si, Wakil Direktur Bidang Riset, Pengabdian Masyarakat, Digitalisasi dan Internasionalisasi Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Dr. H. Suparto Wijoyo, S.H., M.Hum.

Hadir pula Koordinator Program Studi Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga Dr. Nuri Herachwati, Dra. Ec., M.Si. M.Sc, beserta seluruh dosen Program Studi Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga. (Arr/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook