Potensi Wisata Sumbar Kurang Ngetop, Wapres Minta Sering Gelar Event Menarik

By Indonesia Maritime News 13 Apr 2022, 13:17:20 WIB Hiburan
Potensi Wisata Sumbar  Kurang Ngetop, Wapres Minta Sering Gelar Event Menarik

Keterangan Gambar : Wapres hadiri Sarasehan Ekonomi dan Budaya di Sumatera Barat. Foto: Setwapres


Indonesiamaritimenews.com ( IMN)JAKARTA:  Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) termasuk salah satu daerah yang memiliki alam yang indah, budaya dan wisata kuliner yang menarik. Sayangnya, potensi tersebut kurang terekspose alias kurang ngetop.

Untuk itu diperlukan publikasi yang massif dengan menyelenggarakan berbagai event yang menarik agar menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dalam acara Sarasehan Budaya dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Sumbar, Selasa malam (12/04/2022), di Aula Bung Hatta, Hotel Novotel, Bukit Tinggi, Sumbar.

Baca Lainnya :

“Pengemasan paket wisata yang dipublikasikan melalui berbagai kanal publikasi atau komunikasi digital itu menjadi penting untuk memancing minat masyarakat baik dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke destinasi wisata di Sumbar. Walaupun destinasi di sini bagus tapi kalau tidak terinformasikan dengan baik dan tidak ada event-event yang menarik mungkin juga [tidak akan dikunjungi],” ujar Wapres.

Menurut Wapres, potensi wisata alam, wisata kuliner, wisata seni budaya dapat diintegrasikan dalam satu paket wisata sehingga mampu memberikan nilai-nilai efisiensi dan ekonomis bagi para pengunjungnya. Untuk itu, kolaborasi seluruh pemangku kepentingan sangat diperlukan, dan tidak berjalan sendiri-sendiri.

“Dalam hal ini saya kira dukungan, perhatian dari pemerintah daerah dan otoritas di sektor jasa keuangan dan seluruh pemangku industri jasa keuangan di Sumbar menjadi kunci pemberdayaan potensi wisata berbasis seni budaya ini,” tegas Wapres.

“Kembali lagi pengusaha UMKM ini penting sebagai subyek yang aktif di dalam mendukung potensi wisata daerah. Bagaimana membangun kolaborasi dengan baik,” tambahnya.

DUKUNGAN PUBLIKASI

Dalam acara yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut, Wapres menekankan, dukungan dalam mempublikasikan potensi ekonomi Sumbar ini dapat dilakukan melalui platform e-commerce, sebagaimana konsep dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang hari ini diluncurkan.

“Dan kampanye afirmasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang tadi kita luncurkan itu juga menjadi sarana yang tepat untuk mendukung pengembangan potensi ekonomi di Sumbar ini,” kata Wapres.

Wapres pun mencatat, kebijakan dan program kementerian/lembaga sangat mendukung upaya tersebut, seperti Kementerian Keuangan, OJK, dan Bank Indonesia dengan memberikan bantuan produktif dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Semua kebijakan-kebijakan ini sebenarnya sudah [tersedia], tinggal bagaimana mengelolanya dengan baik,” pesan Wapres.

Sebelumnya, Ketua Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan acara yang digagas malam ini bertujuan sebagai forum untuk membangun kolaborasi antar pemangku kepentingan dan untuk mendorong potensi, budaya dan ekonomi masyarakat Sumbar.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Walikota Bukit Tinggi Erman Safar, Bupati Agam Andri Warman, Rektor Universitas di Sumbar, serta para Tokoh Adat, Pemuka Agama, dan Tokoh Masyarakat Sumbar. (Fat/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini