Luhut Optimistis Gernas Bangga Buatan Indonesia Dongkrak Pertumbuhan UMKM

By Indonesia Maritime News 11 Feb 2023, 22:30:59 WIB Ekonomi
Luhut Optimistis Gernas Bangga Buatan Indonesia Dongkrak Pertumbuhan UMKM

Keterangan Gambar : Kiri-Kanan): Pj Gub Banten, Al Muktabar; Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan; Deputi Gub BI, Doni Primanto Joewono; dan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana


Indonesiamaritimenews.com(IMN (IMN),BANTEN – Menko Maritim dan investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan 2 tahun berjalannya Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) kemudian disusul Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), mampu mendorong tumbuhnya pelaku UMKM di berbagai daerah.

Peningkatan berdasarkan data yang masuk ke ekosistem digital. Hal ini dikatakan Luhut yang juga Ketua Nasional Gernas BBI, saat Kick Off rangkaian Gernas BBI dan BBWI 2023 di Provinsi Banten, Jumat (10/2/2023). 

Banten memang didapuk menjadi lokasi Kick Off yang pada 2023 bertajuk "Ayo Geh Belanja dan Jelajah Banten".

Baca Lainnya :

"Per akhir Desember 2022, total UMKM/IKM/Artisan yang masuk ke ekosistem digital mencapai 21,4 juta unit, atau terjadi peningkatan sebesar 167,5% sejak diluncurkan pada 2020. Kita masih perlu mencapai target 30 juta hingga 2024,” ujar Menko Marves Luhut lewat sambutannya di acara Kick Off Gernas BBI/BBWI 2023.

Maka itu, tambahnya, pemerintah getol mengampanyekan Gernas BBI/BBWI di berbagai daerah sebagai salah satu upaya menggerakkan roda perekonomian nasional. 

BBI dicanangkan sebagai Gernas oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020, sebagai national branding produk lokal unggulan. Kemudian, BBWI juga diluncurkan pada Desember 2022 untuk disinergikan dengan Gernas BBI. Sinergi kedua program ini diharapkan akan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.   

Luhut juga menyampaikan, target BBWI tahun ini adalah Rp1,2 hingga Rp1,4 miliar perjalanan wisata Nusantara. Angka ini  meningkat dua kali lipat dari capaian tahun sebelumnya. Diharapkan langkah ini akan meraup pendapatan di sektor pariwisata senilai Rp3.281 triliun atau setara 18% PDB nominal. 

"Dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke suatu daerah, harapannya permintaan produk/jasa lokal pun meningkat. Banten punya banyak destinasi wisata unggulan seperti Tanjung Lesung. Buatlah travel pattern agar destinasi ini semakin menarik. Banten adalah daerah yang potensial untuk mengangkat kearifan lokal menjadi daya tarik warga Jakarta," tambah Menko Marves, Luhut.

DORONG EKONOMI

Sementara itu Pejabat Gubernur Banten, Al Muktabar, meyakini acara Kick Off BBI/BBWI 2023 menjadi momentum masyarakat di wilayahnya terus mencintai dan memanfaatkan produk lokal. Hal ini tentunya mendorong meningkatnya ekonomi. 

Selama tiga bulan ke depan, Muktabar mengungkapkan akan ada pameran produk UMKM, baik di wilayah provinsi maupun kota.

“Gernas BBI Banten 2023 ini diharapkan memberikan dampak perekonomian Indonesia dan Banten setelah 2 tahun lebih mengalami Covid-19, dan juga sebagai panduan kepada masyarakat untuk mencintai produk lokal,” jelas Muktabar.

Sementara Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo, Septriana Tangkary menegaskan bahwa Kemenkominfo sebagai GPR pemerintah terus mendukung pelaksanaan program tersebut. 

"Kami akan terus mendukung Gernas BBI, di tahun 2021 dan 2022  kami sudah gencarkan info di berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan dengan adanya Gernas Bangga Buatan Indonesia ini, memberikan dampak yang luas sehingga UMKM kecil bisa naik kelas, dan produk Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri" ujar Septriana. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook