KTT AIS Forum 2023, Indonesia Soroti Solidaritas Negara Kepulauan Atasi Krisis Air

By Indonesia Maritime News 10 Okt 2023, 16:42:42 WIB Internasional
KTT AIS Forum 2023, Indonesia Soroti Solidaritas Negara Kepulauan Atasi Krisis Air

Keterangan Gambar : Menlu RI Retno Marsudi memimpin Pertemuan Tingkat Menteri AIS. Foto: ist



Indonesiamaritimenews.com (IMN),BALI: Indonesia menekankan solidaritas terbuka negara kepulauan yang tergabung dalam Archipelagic and Island State (AIS) untuk mengatasi krisis global. Berbagai krisis global baik  iklim, kesehatan hingga ekonomi dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum 2023 di Nusa Dua Bali.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan tingkat Menteri di KTT AIS mengatakan pandemi Covid-19 yang terjadi secara global, memberikan pelajaran bagi semua negara untuk menguatkan kerja sama secara inklusif.

Baca Lainnya :

Ada 4 krisis yang melanda dunia saat ini yakni perubahan iklim, naiknya permukaan air laut, polusi laut, dan degradasi keanekaragaman hayati. Kondisi ini menjadi ancaman nyata semua negara khususnya negara kepulauan.

“Negara-negara AIS memerlukan lebih banyak upaya multilateral untuk mengatasi berbagai krisis tersebut. Berbagai krisis yang terjadi sangat mendesak untuk negara kepulauan untuk bekerja sama secara inklusif demi melindungi generasi masa depan kita,” jelas Retno, Selasa (10/10/2023).

Retno menyebut, ada dua kunci dalam mengatasi krisis tersebut. Pertama penguatan solidaritas. Kemudian yang kedua, upaya-upaya inovatif dalam menjamin keberlanjutan laut di negara-negara kepulauan.

Retno mengatakan, semua inisiatif yang dibahas dalam setiap forum AIS termasuk dalam KTT yang akan berlangsung selama dua hari di Bali harus direalisasikan dalam aksi nyata.

KTT AIS merupakan forum penting dalam menghasilkan berbagai resolusi guna mengatasi empat masalah krisis global yang saat ini sedang terjadi.

“Forum AIS harus terus berkembang menjadi jembatan upaya bersama dalam menghubungkan kerangka pemerintahan mandiri yang terbuka dan inklusif serta mengubah inisiatif menjadi kenyataan,” tandas Retno.

KTT AIS Forum 2023 berlangsung di Nusa Dua, Bali, mulai 10 Oktober hingga 11 Oktober 2023. KTT AIS Forum dihadiri oleh para pemimpin dari negara-negara pulau di seluruh dunia. Menlu Retno hari ini memimpin Pertemuan Tingkat Menteri ke-5 AIS. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook