Kapal KMP Transip 1 Terbakar di Pelabuhan Bakauheni, Semua Penumpang Selamat

By Indonesia Maritime News 21 Okt 2023, 09:12:44 WIB Sekitar Kita
Kapal KMP Transip 1 Terbakar di Pelabuhan Bakauheni, Semua Penumpang Selamat

Keterangan Gambar : Kapal KMP Tranship 1 terbakar di sesaat akan memasuki Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Foto: ist


Indonesiamaritimenews.com (IMN), BAKAUHENI: Insiden kebakaran kapal kembali terjadi. Kali ini menimpa KMP Tranship 1 terbakar sesaat akan memasuki perairan Bakauheni, Lampung, Jumat (20/10/2023) sore.

Beruntung kapal milik PT Tranship Indonesia yang berlayar dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Bakauheni, Lampung tetsebut bisa berlabuh dengan selamat di Pelabuhan Bakauheni sebelum kondisi kian parah.

KMP Tranhip 1 terbakar di titik koordinat alur pelayaran Selat Sunda di tengah laut. Dalam kondisi asap tebal, kapal tersebut berhasil sandar di Dermaga 4 Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca Lainnya :

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan instansi terkait.

"KMP Tranship 1 melakukan manuver sandar di Dermaga IV Pelabuhan Bakauheni dibantu tugboat," kata Shelvy dalam keterangan tertulis.

Shelvy menambahkan ASDP melakukan koordinasi dengan aparat setempat di Pelabuhan Bakauheni untuk pemadaman kebakaran serta evakuasi penumpang.


Seorang polisi mengevakuasi penumpang KPM Tranship 1 yang terbakar di Pelabuhan Bakauheni. Foto: ist


EVAKUASI

Perwira jaga Pelabuhan Bakauheni, Gomos Silitonga, perwira jaga Pelabuhan Bakauheni, di Bakauheni, Lampung Selatan, mengatakan asap tebal mulai terlihat setelah kapal tersebut memasuki alur Pelabuhan Bakauheni.

Kapal tersebut kemudian diarahkan menuju Dermaga 4 untuk dilakukan evakuasi. Kapal Tranship berhasil sandar dengan selamat sekitar pukul 16.00 WIB.

Proses evakuasi berlangsung cukup dramatis. Para penumpang tampak panik dan menangis. Petugas bahu membahu megevakuasi penumpang, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun ada beberapa penumpang yang sesak nafas akibat menghirup asap tebal.

Hasil pemeriksaan, sumber api berasal dari sebuah mobil ekspedisi kargo yang membawa paket-paket. Sedangkan sumber api itu berasal dari motor listrik di dalam mobil kargo. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook