Ini Fasilitas Disiapkan Pelabuhan Tanjungpandan Hadapi Lonjakan Arus Penumpang 200%.

By Indonesia Maritime News 15 Apr 2022, 07:56:12 WIB Pelabuhan
Ini Fasilitas Disiapkan Pelabuhan Tanjungpandan Hadapi Lonjakan Arus Penumpang 200%.

Keterangan Gambar : Penumpang Kapal di Terminal Laskar Pelangi Pelabuhan Tanjung Pandan bersiap berangkat Foto: Humas Pelabuhan Tanjung Pandan


Indonesiamaritimenews.com (IMN), BELITUNG: PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan memprediksi  arus penumpang kapal laut di Terminal Laskar Pelangi, Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung diperkirakan akan mengalami peningkatan sekitar 200% untuk masa lebaran 1443 H/2022 ,dibandingkan masa lebaran tahun lalu .

Perinciannya  sebagai berikut:
"Arus penumpang turun (debarkasi) dari 1.430 orang menjadi 4.290 orang dan arus  penumpang naik (embarkasi) dari 1.779 orang menjadi 5.337 orang untuk masa lebaran 1443 H/2022 ini," jelas General Manager Regional 2 Tanjungpandan, Hambar Wiyadi, Jumat, (15/4/22).

"Dalam menunjang kelancaran arus mudik penumpang kapal laut ini, pihak manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan bersama Kantor KSOP Kelas IV Tanjungpandan, KPPP Pelabuhan Tanjungpandan, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpandan menyiapkan 2 (dua) tempat/lokasi posko yakni:  Posko Pengendalian Angkutan Lebaran 1443 H/2022 dan Posko Perwakilan Kejaksaan R.I. Belitung bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri, Kabupaten Belitung yang berlokasi di Terminal Penumpang Laskar Pelangi yang dimulai sejak H-14 s.d H+14 masa Lebaran 1443 H/2022," tambah Hambar.

Baca Lainnya :

Sedangkan 1 (satu) unit Posko Pelayanan Lebaran 2022-Operasi Menumbing 2022 Pelabuhan Tanjugpandan yang berkoordinasi dengan Polres Kabupaten Belitung dan Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, yang berlokasi di halaman parkir Kantor PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan yang dimulai sejak H-7 s.d H+7 Lebaran 1443 H/2022.

Untuk meningkatkan pelayanan bagi penumpang kapal di Terminal Laskar Pelangi ini, Pihak Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan telah menyiapkan fasilitas pendukung diantaranya: penyiapan 1 (satu) unit ganset listrik untuk mengantisipasi adanya pemutusan arus listrik pada waktu kegiatan embarkasi pada malam hari di terminal penumpang Laskar Pelangi ini, lapangan parkir seluas 2.300 M2 dengan kapasitas daya tampung 40 unit mobil dan 100 unit kendaraan bermotor serta memanfaatkan area lahan/lokasi lain di sekitar terminal penumpang serta   pemasangan tenda seluas 100 M2 untuk menampung embarkasi sebelum penumpang naik kapal.

Penumpang sebelum berangkat dicek kesehatan. Foto: Humas Tanjungpanda 

Data yang dihimpun indonesiamarimenews.com pengamanan area sekitar terminal penumpang telah disiapkan kamera CCTV, tambahan personil tenaga pengamanan dari unsur Personil Pengamanan Internal PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan, Personil KPPP Tanjungpandan, Personil Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpandan untuk petugas validasi perjalanan orang dari dalam negeri dengan transportasi laut sebanyak 9 orang tenaga (tenaga medis dan petugas validasi) serta 1 (satu) unit kendaraan ambulance untuk mengantisipasi keadaan emergency yang terjadi selama embarkasi/debarkasi di terminal penumpang tersebut.( baca: Ini Dia Strategi Tanjungpandan Hadapi Lonjakan Penumpang dan Arus Barang)

Diharapkan tambahan tenaga pengamanan akan mampu memberikan pelayanan kepada penumpang kapal dengan cepat, optimal dan terkendali serta memberikan perasaan aman dan nyaman bagi calon penumpang, khususnya dalam proses validasi terhadap calon penumpang kapal, sehingga tidak terjadi penumpukan calon penumpang di area terminal. Dimana untuk persyaratan perjalanan calon penumpang dan pelaksanaan protokol kesehatan  di Terminal Penumpang tetap mengacu pada Surat Edaran Satgas Nasional No. 16 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhbungan No. 37 Tahun 2022.

Suasana di ruang penumpang Terminal Laskar Pelangi.Foto: Humas Tanjungpandan

Terminal Penumpang Laskar Pelangi ini, melayani kapal KM. Express Bahari yang melayani trayek Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung – Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka, yang biasanya jadwal pelayanan hari  Senin dan Jum’at per minggu (2 kali/minggu),

namun untuk pelayanan pada H-7 s.d H+7 masa Lebaran 1443 H/2022 menjadi setiap hari pelayanan pulang pergi (7 kali/minggu).

Sedangkan untuk kapal Ro-ro KM. Sawita dilayani di Dermaga 01 ini, melayani trayek Pelabuhan Tanjungpandan – Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 2 kali/minggu dan Pelabuhan Tanjungpandan – Pelabuhan Pangkal Balam sebanyak 1 kali/minggu. ( Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook