Waduh! Kapal Berbendera Malaysia Nekat Selundupkan Minyak Sawit

By Indonesia Maritime News 13 Apr 2022, 21:17:34 WIB Maritim
Waduh! Kapal Berbendera Malaysia Nekat Selundupkan Minyak Sawit

Keterangan Gambar : Salah satu ABK diinterogasi anggota TNI AL. Foto: Lanal Dumai


Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA : Satu kapal tunda dan satu kapal tongkang berbendera Malaysia, ditangkap TNI AL di perairan Utara Pulau Bengkalis, Riau.  Kedua kapal itu nekat berupaya menyelundupkan minyak sawit ke Malaysia.

Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mengatakan, kapal tunda TB Ever Sunrise dan tongkang TK Ever Carrier awalnya memuat minyak sawit dari Dumai menuju Malaysia. Namun mereka berangkat tanpa dilengkapi dokumen yang sah,  dan sudah kadaluarsa.

Dalam kapal tersebut, petugas menemukan 1.799,956 MT Palm Acid Oil atau minyak sawit kotor yang akan diselundupkan para pelaku dari Riau.

Baca Lainnya :

"KRI Sigurot-864 yang sedang patroli di perairan Selat Malaka langsung melakukan pengejaran dan penangkapan pada Minggu, 4 April sekitar pukul 14.00 WIB. Ditemukan tanda-tanda kapal berada di Perairan Utara Pulau Bengkalis, Riau," kata Arsyad dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu (13/4/2022).

Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas mendapati kapal tunda TB Ever Sunrise sedang menarik tongkang TK Ever Carrier. Di kapal itu ada enam WNI dan empat WNI di kapal itu.

Para ABK mengaku muatan minyak sawit kotor 1.799,959 MT  diangkut dari Dumai tujuan Johor, Malaysia. Namun, dokumen yang mereka kantongi sudah kadaluarsa. Beberapa dokumen yang tidak ada yakni nota pelayanan ekspor, dokumen pemberitahuan ekspor barang dan ijin bongkar muat barang khusus berbahaya. 

Sementara surat persetujuan keagenan kapal asing dan sertifikat anti-fouling internasional telah kadaluarsa. Petugas mengamankan 10 ABK untuk.diproses lebih lanjut.( (Riz/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook