Bongkar Muat Barang di Pelabuhan, Ini 10 Poin Kesepakatan SPMT dengan APBMI

By Indonesia Maritime News 25 Feb 2023, 08:46:45 WIB Pelabuhan
Bongkar Muat Barang di Pelabuhan, Ini 10 Poin Kesepakatan SPMT dengan APBMI

Keterangan Gambar : Penandatanganan bersama antara Pelindo Multi Terminal dan DPP APBMI dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal, Drajat Sulistyo dan Ketua Umum DPP APBMI, Juswandi Cristanto, yang juga disaksikan oleh Sekjend DPP APBMI, Capt AJD Korompis, dan jajaran Anak Perusahaan Direktur Operasi PT Pelabuhan Tanjung Priok, Dwi Rahmad Toto, dan Direktur Utama PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk, Rio T.N Lasse.Dok SPMT


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) dan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (DPP APBMI), tandatangani kesepakatan meningkatkan K3L. Ada 10 poin disepakati pada kegiatan bongkar muat barang di wilayah kerja PT Pelindo Multi Terminal Group.

Berikut 10 poin kesepakatan yang termuat dalam surat pernyataan komitmen bersama tersebut, yakni:  

1. Menetapkan kebijakan untuk pengembangan serta implementasi program-program K3L

Baca Lainnya :

2. Mematuhi persyaratan peraturan perundang-undangan

3. Melakukan identifikasi bahaya dan pengendalian risiko sebelum melakukan pekerjaan

4. Memelihara, mengkomunikasikan dan mentaati seluruh Kebijakan K3L

5. Meningkatkan kesadaran dan kemampuan pekerja dalam mengimplementasikan aspek K3L

6. Mengembangkan secara terus menerus langkah-langkah penanggulangan kecelakaan kerja

7. Mendorong keterlibatan dan komitmen pekerja dan mitra kerja untuk berkontribusi dalam program K3L

8. Melaksanakan investigasi kecelakaan kerja serta tindak lanjutnya

9. Memberikan sanksi kepada pekerja atau pihak yang melakukan pelanggaran  atas ketidaktaatan dalam penerapan K3L, lalu

10. PT Pelindo Multi Terminal dan DPP APBMI selanjutnya akan menyampaikan dan menjabarkan penerapan dan pengawasan K3L dalam kegiatan bongkar muat barang di wilayah kerja PT Pelindo Multi Terminal dan persyaratan dalam melaksanakan kegiatan bagi seluruh Branch yang berada di PT Pelindo Multi Terminal dan seluruh Anak Perusahaannya, serta seluruh Anggota APBMI di tingkat Pusat, Wilayah, Cabang, maupun Perwakilan Cabang.

Baca juga: PT.Pelindo Multi Terminal dan APBMI Komitmen Tingkatkan K3L Bongkar Muat Barang

Komitmen Bersama dalam Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan (K3L) dalam Bongkar Muat Barang diterapkan di Wilayah Operasional SPMT di Seluruh Indonesia.

Tujuannya adalah dalam rangka memberikan kinerja terbaik, memastikan kesehatan dan keselamatan para pekerjanya, mitra kerja dan lingkungan sekitar, bekerja sesuai standar dan prosedur kerja yang telah ditentukan serta selalu berusaha melakukan perbaikan dan peningkatan yang berkesinambungan. 

Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal, Drajat Sulistyo, menngatakan kesepakatan bersama antara Jajaran Manajemen SPMT Group dengan DPP APBMI ini merupakan wujud kolaborasi dan komitmen kuat antara kedua pihak. 

“Apresiasi dan terima kasih kami kepada seluruh unsur APBMI dalam hal peningkatan K3L untuk kegiatan bongkar muat di wilayah operasi kami," kata Drajat.

Ia berharap momen ini menjadi momentum kolaborasi sekaligus awareness bagi seluruh insan perusahaan bongkar muat agar selalu memperhatikan dan mengutamakan prinsip-prinsip K3L untuk mencapai kinerja terbaik dan zero fatality di wilayah kerja operasional. 

Sedangjan Ketua Umum DPP APBMI Juswandi Cristanto mengungkapkan, DPP APBMI sangat mendukung kolaborasi yang mengutamakan prinsip-prinsip K3L. "Kami sangat mendukung zero accident, karena keselamatan itu penting, dan kami selalu mendukung program-program Pelindo Multi Terminal,” ucap Juswandi. Kesepakatan tersebut ditandatangani pada 17 Februari 2023. (Oryza/Mar)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook