Awal Puasa 1 Ramadhan 1443 H, Pemerintah Tetapkan Minggu 3 April 2022

By Indonesia Maritime News 01 Apr 2022, 20:05:12 WIB Teknologi
Awal Puasa 1 Ramadhan 1443 H, Pemerintah Tetapkan Minggu 3 April 2022

Keterangan Gambar : Ilustrasi.Foto: Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com IMN),JAKARTA: Pemerintah secara resmi menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu (3/4/2022). Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dilaksanakan Jumat (1/4/2022) sore.

Sidang isbat dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam. Sidang isbat juga melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, serta duta besar negara sahabat.

Selain itu juga melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya. 

Baca Lainnya :

 Rapat sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. "Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. In hasiil sidang isbat yang disepakati bersama," kata Yaqut.

Sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal. Dua metode ini selalu digunakan Kemenag dalam menentukan awal puasa.

Menag menjelaskan, berdasarkan pantauan hilal di 101 titik, tidak ada satu pun yang melihat hilal. Dengan demikian, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.     ( Fat/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook