Akuarium Raksasa di Pangandaran, Destinasi Wisata Edukasi Baru

By Indonesia Maritime News 19 Des 2022, 09:45:40 WIB Maritim
Akuarium Raksasa di Pangandaran, Destinasi Wisata Edukasi Baru

Keterangan Gambar : Aquarium Indonesia di Pangandaran. Foto: dok. KKP


Indonesiamaritimenews.com   ( IMN)JAKARTA: Aquarium Indonesia di Pangandaran, adalah salah satu akuarium 'raksasa' atau terbesar di negeri ini. Akuarium ini secara resmi sudah mulai dibuka untuk masyarakat umum sebagai salah satu destinasi wisata. 

Soft opening sekaligus syukuran dan doa bersama untuk Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia telah digelar pada Sabtu (17/12), di Pangandaran.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), I Nyoman Radiarta mengatakan, Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (PIAMARI) saat ini telah bertransformasi menjadi Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia. 

Baca Lainnya :

 Pengelolaan Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia dilakukan oleh BRSDM melalui Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal yang diberikan fleksibilitas mengelola keuangan, bekerja sama dengan PT. Tridacna Banyu Lestari.

 "Dengan adaya KSO (Kerja Sama Operasional) ini, maka dapat mengurangi beban pemerintah," ungkap Nyoman dalam keterangan tertulis dikutip Senin (19/22/2022).

 Berbagai perbaikan dan penyempurnaan terus dilakukan hingga grand launching oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono tahun 2023 mendatsng. Namun, saat ini masyarakat sudah dapat menikmati Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia. 

I Nyoman berharap Aquarium Indonesia dapat bermanfaat sebagai konservasi dan edukasi bagi masyarakat luas dalam memperkenalkan aneka ragam ikan-ikan tropis air laut.

 Soft opening ini sengaja dikejar agar dapat dilaksanakan  rangka momentum menyambut libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.  Momen liburan adalah waktu yang bagus untuk wisatawan berkunjung.

TINGKATKAN PEREKONOMIAN

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan rasa syukur dan memberi apresiasi atas soft opening Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia. Sebagai destinasi wisata baru di Pangandaran diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kabupaten tersebut.

 "Terima kasih KKP, mudah-mudahan tempat ini bermanfaat bagi KKP, Pemda, dan masyarakat semua," ungkap Jeje.

 Sedangkan Direktur PT. Tridacna Banyu Lestari Rika Sudranto mengatakan, Aquarium Indonesia memiliki akuarium silinder yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Selain itu Aquarium Indonesia juga memiliki view window terbesar di Indonesia. Pihaknya akan melengkapi sarana edukasi digital, dilengkapi layar sentuh, proyektor, dan sebagainya.

 Diberitakan sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono megapresiasi dan mendukung hadirnya Aquarium Indonesia di Pangandaran (sebelumnya bernama PIAMARI) pada saat mengunjungi akuarium raksasa tersebut tahun lalu. 

Ia berharap BRSDM terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan akuarium tersebut. Ia juga berharap dapat dibangun akuarium serupa di tempat lain, seperti di daerah Timur Indonesia. (Arry/Oryza)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook