Libur Nataru, 62 Kapal Merak-Bakauheni dan 7 Dermaga Sudah Siap

By Indonesia Maritime News 10 Des 2022, 18:40:49 WIB Perhubungan
Libur Nataru, 62 Kapal Merak-Bakauheni dan 7 Dermaga Sudah Siap

Keterangan Gambar : Pelabuhan Merak. Foto: property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com( (IMN)JAKARTA: Menghadapi libur Nataln2022 dan Tahun Bafu 2023, pihak ASDP menyiapkan 62 unit kapal roro rute penyebarangan Pelabuhan Merak-Bakuheni dan sebaliknya. Sebanyak 7 dermaga juva telah siap melayani masyarakat.

Seluruh operator penyeberangan khususnya yang berada di jalur Merak-Bakauheni melakukan sinergi dan koordinasi terpadu dengan semua stakeholder. 

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan,  Hendro Sugiatno mengatakan pada momen hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal atau Tahun Baru dipastikan terjadi lonjakan penumpang.

Baca Lainnya :

Terjadinya antrean atau kepadatan, menurut Hendro hal tersebut adalah biasa. "Namun, bagaimana traffic tetap lancar, dan masyarakat tidak menunggu terlalu lama saat akan menyeberang," katanya dalam keterangan tertulis.

Rapat koordinasi lintas sektoral antara pemangku kepentingan telah dilakukan di Merak pekan lalu tepatnya Rabu (6/12/2022). Rapat ini untuk memastikan kesiapan menghadapi lonjakan penumpang.

Dipastikan, prasarana dan sarana penyeberangan di Merak-Bakauheni telah siap melayani lonjakan penumpang.  Berdasarkan hasil rampcheck yang dilakukan BPTD Wilayah VIII Banten pada 22 Oktober 2022 untuk kapal, dan 2-4 November 2022 untuk dermaga, tercatat 62 kapal dan 7 dermaga siap beroperasi.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi juga sepakat dengan berbagai rekayasa pelayanan dan pengaturan flow kendaraan serta juga tiket penyeberangan, demi lancaran arus peumpang. 

Termasuk juga pembagian jenis kendaraan, di mana kendaraan jenis tertentu dapat dilayani di pelabuhan utama ataupun alternatif. Sedangkan pihak ASDP melakukan kebijakan screening penumpang serta menyiapkan pos-pos di beberapa area agar penumpang yang tiba di Merak dipastikan telah memiliki tiket. Calon penumpang juva diminta tiba di pelabuhan dan melakukan check in paling telat 2 jam sebelum keberangkatan.  (Arry/ Oryza))




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook