Siswa SMA Taruna Nusantara, Atraksi Drum Band di Atas Kapal Perang

By Indonesia Maritime News 15 Mar 2023, 14:08:09 WIB Edukasi
Siswa SMA Taruna Nusantara, Atraksi Drum Band di Atas Kapal Perang

Keterangan Gambar : Siswa SMA Taruna Nusantara atraksi latihan drum band di atas kapal perang. Foto: Dispen Kolinlamil


Indonesiamaritimenees.com (IMN) JAKARTA:  Rangkaian kegiatan Karya Wisata siswa SMA Taruna Nusantara kelas XI Angkatan ke-32 di Kota Jakarta diakhiri dengan perjalanan kembali ke Magelang melalui jalur laut  menggunakan KRI Banjarmasin-592. Selama di dalam perjalanan, mereka merasakan pengalaman berharga termasuk atraksi latihan drum band di atas kapal perang. 

 Bertolak dari dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, para siswa SMA Taruna Nusantara dilepas oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto beserta pejabat utama dan para orang tua siswa yang berkesempatan hadir di Mako Kolinlamil, Sabtu (11/3/2022).

Sebelum melaksanakan pelayaran, siswa SMA Taruna Nusantara dan guru atau pamong pendamping terlebih dahulu menerima safety briefing dari Perwira KRI Banjarmasin-592. Briefing ini tentang hal-hal yang dilarang selama berada di atas kapal perang dan pengetahuan singkat penyelamatan personel bilamana kapal perang mengalami kecelakaan atau bahaya lain yang dapat mengakibatkan operasional kapal terganggu. Secara singkat siswa SMA Taruna Nusantara juga menerima pembekalan tentang Peraturan Dinas Dalam Khas TNI Angkatan Laut.

Baca Lainnya :

Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo dalam pesan singkatnya menyampaikan bahwa selama pelayaran, siswa SMA Taruna Nusantara dikenalkan tentang tata kehidupan di kapal perang. Mereka juga ditunjukkan beberapa peran saat kapal perang berlayar diantaranya adalah peran helly deck party, peran tempur bahaya udara dan peran tempur bahaya kapal permukaan. 

Selama di kapal perang mereka juga tetap diminta untuk menjaga kebugaran badan dengan tetap berolah raga dengan menyesuaikan tempat dan kondisi yang ada. Bahkan saat cuaca dan kondisi lingkungan laut mendukung, siswa SMA Taruna Nusantara yang tergabung dalam Gita Bahana Nusantara Drumb Band menyempatkan diri untuk berlatih drum band. Benar-benar pengalaman yang tidak bisa terulang kembali, berlatih drumb band di tengah laut.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan telah menyampaikan pesannya kepada Komandan KRI Banjarmasin-592 untuk memprioritaskan keselamatan personel dan materiil atau zero accident selama pelayaran hingga tiba di tempat tujuan.

 Panglima Kolinlamil juga berpesan agar Komandan dan prajurit KRI Banjarmasin-592 untuk menciptakan kesan yang positif dan mendalam dengan memberikan layanan terbaik kepada siswa SMA Taruna Nusantara baik dalam hal dukungan logistik, akomodasi dan respon prajurit KRI bilamana ada hal-hal yang perlu mendapatkan atensi.

Keterlibatan Kolinlamil dalam mendukung kegiatan Karya Wisata SMA Taruna Nusantara merupakan bentuk sinergitas TNI Angkatan Laut dengan berbagai komponen bangsa, Hal tersebut merupakan salah satu yang menjadi penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam perintah hariannya. Perkokoh soliditas antar matra TNI dengan mengacu pada kerangka penguatan konsep operasi gabungan serta jalin sinergitas dengan Polri, instansi Pemerintah, maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook