Multilateral PALS 2023 Komandan Pasukan Amfibi 24 Negara Kumpul di Bali, Bahas Apa ?

By Indonesia Maritime News 11 Jul 2023, 15:18:00 WIB Internasional
Multilateral PALS 2023 Komandan Pasukan Amfibi 24 Negara Kumpul di Bali, Bahas Apa ?

Keterangan Gambar : TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah bersama Komandan Marine Forces Pacific (Marforpac) Letnan Jenderal William Jurney membuka perhelatan multilateral Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) tahun 2023 yang diikuti Komandan Pasukan Amfibi dari 26 negara. Acara berlangsung Bali. Foto: Dispenal


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Welcome to Bali, selamat datang di Indonesia. Ucapan ini disampaikan Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah di hadapan delegasi dari 24  negara peserta kegiatan multilateral PALS tahun 2023.

TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah bersama Komandan Marine Forces Pacific (Marforpac) Letnan Jenderal William Jurney secara resmi membuka perhelatan multilateral Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) tahun 2023 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Senin (10/7/2023).

“Welcome to Bali, selamat datang di Indonesia,” ujar Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah di hadapan lebih dari 40 anggota delegasi yang terdiri dari 24 negara peserta yang hadir dalam kegiatan PALS tahun 2023.

Baca Lainnya :

PALS merupakan kegiatan tahunan yang diprakarsai oleh Marine Forces Pacific. Kegiatan ini sebagai ajang pertemuan para pemimpin pasukan Amfibi/Marinir yang berada di kawasan Pasifik dan sekitarnya. Kegiatan pertemuan ini dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 14 Juli 2023.

Rangkaian kegiatan pembukaan PALS 2023 diawali dengan pemutaran video pendek mengenai kegiatan Marinir negara-negara peserta PALS. Kegiatan diakhiri dengan pemukulan gong bersama oleh Dankormar dengan Komandan Marforpac sebagai tanda dibukanya perhelatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Dankormar mengucapkan terima kasih kepada Marine Forces Pacific (Marforpac) yang bersama-sama telah menyiapkan kegiatan tersebut sehingga pelaksanaan PALS tahun 2023 bisa terlaksana dengan baik.

Ada hal menarik pada penyelenggaraan PALS 2023, para peserta tidak hanya dari negara-negara kawasan Indo-Pasifik. Tetapi juga negara-negara dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Eropa, Australia, Bangladesh, Brazil, Chile, Colombia, Ecuador, Fiji, France, Indonesia, Japan, Rep. Korea, Malaysia, Maldives, Mexico, Netherland, New Zealand, Peru, Philippines, Singapore, Sri Lanka,  Thailand, Timor Leste, dan United Kingdom.

DEMONSTRASI MARINIR

Dalam kegiatan ini, Korps Marinir TNI AL akan mendemonstrasikan kemampuan Rubber Duck Operation (RDO) dalam Humanitarian Assistance Disaster Relief (HADR) serta peranan pasukan amfibi yang dimiliki oleh Korps Marinir TNI AL.

Tidak hanya itu, negara-negara peserta juga terlibat dalam diskusi yang membahas mengenai aspek-aspek penting dari operasi amfibi, kepemimpinan melalui modernisasi kekuatan, dan pentingnya interoperabilitas multilateral dalam bantuan kemanusiaan dan tanggap bencana.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk memberikan yang terbaik dalam tugas yang diamanahkan, menjaga nama baik TNI AL, serta menjaga hubungan baik dengan negara-negara sahabat, dalam hal ini peserta PALS tahun 2023.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Pasmar 2 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto,  Komandan Pasmar 3, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Sugianto, dan Kapusinfomar TNI Laksma TNI Robert Hasudungan Marpaung. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook