Jelang Libur Nataru 2024, Pengawasan Keselamatan Pelayaran di Sanur Bali Diperketat

By Indonesia Maritime News 12 Nov 2023, 23:34:14 WIB Perhubungan
Jelang Libur Nataru 2024, Pengawasan Keselamatan Pelayaran di Sanur Bali Diperketat

Keterangan Gambar : Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) bersama Kantor KSOP Kelas II Benoa menggelar kampanye keselamatan pelayaran di Pelabuhan Sanur, Bali. Foto:Hubla



Indonesiamaritimenews.com (IMN), BALI: Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) bersama Kantor KSOP Kelas II Benoa menggelar kampanye keselamatan pelayaran di Pelabuhan Sanur, Bali. Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 pengawasan pelayaran akan diperketat.

Kegiatan kampanye keselamatan  bertujuan untuk mendukung Program Keselamatan Transportasi Laut di Pelabuhan Sanur serta dalam rangka persiapan menghadapi periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Karena jumlah wisatawan pengguna angkutan transportasi laut di wilayah tersebut akan melonjak saat libur Nataru.

Baca Lainnya :

"Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, berkomitmen meningkatkan keselamatan transportasi laut dan efektivitas pengawasan pelayaran," ujar Direktur KPLP, Jon Kenedi dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/11/2023).

PENINGKATAN ASPEK KESELAMATAN

Jon Kenedi menjelaskan, salah satu kegiatan utama kampanye keselamatan pelayaran yaitu pembagian jaket keselamatan atau life jacket gratis kepada masyarakat sebagai salah satu upaya peningkatan keselamatan pelayaran.

Dia menjelaskan bahwa kampanye keselamatan ini merupakan salah satu wujud komitmen Direktorat KPLP selaku salah satu regulator keselamatan pelayaran, yang memiliki tanggung jawab untuk memenuhi aspek keselamatan dengan tujuan mengurangi kecelakaan kapal yang disebabkan faktor kelalaian.

"Bantuan Life Jacket diberikan kepada asosiasi/pengusaha kecil pelayaran rakyat, untuk menurunkan angka kecelakaan kapal di laut," ungkapnya.

PENINGKATAN PENGAWASAN

Kegiatan ini juga mencakup pemenuhan Kebutuhan Pengawasan Keselamatan Pelayaran dengan penguatan armada yaitu relokasi RHAB Rubber Boat untuk pengawasan dan tindakan respons cepat di wilayah penyeberangan Sanur, menjelang Angkutan Natal dan Tahun Baru

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut selalu berkomitmen untuk berupaya meningkatkan Keselamatan Tranportasi Laut serta meningkatkan efektifitas pengawasan pelayaran di laut, perbantuan pertolongan, dan perlindungan lingkungan maritim," ujarnya.

Dalam upaya peningkatan kapasitas armada dan kapabilitas kapal di wilayah KSOP Benoa, Direktorat KPLP juga melakukan instalasi AIS tipe A untuk Kapal Negara Patroli KSOP Kelas III Benoa KNP.326. Langkah ini diambil untuk memperkuat monitoring kapal di sekitar wilayah pelabuhan Sanur, khususnya saat puncak musim Natal dan Tahun Baru.

Semua langkah ini diharapkan dapat memastikan pengawasan keselamatan pelayaran sehingga mobilisasi masyarakat dapat berjalan dengan baik, lancar, aman, dan selamat.

"Semua langkah ini diambil untuk memastikan pengawasan Keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Bali, terutama selama puncak Natal dan Tahun Baru, sehingga mobilisasi masyarakat dapat berjalan lancar, aman, dan selamat," tandasnya.(Arry/Oryza)

Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) bersama Kantor KSOP Kelas II Benoa menggelar kampanye keselamatan pelayaran di Pelabuhan Sanur, Bali. Foto:Hubla




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook