Pesantren Kilat di Atas Kapal Perang, 500 Pelajar Digembleng Keimanan dan Jiwa Maritim

By Indonesia Maritime News 30 Mar 2024, 13:36:58 WIB Religi
Pesantren Kilat di Atas Kapal Perang, 500 Pelajar Digembleng Keimanan dan Jiwa Maritim

Keterangan Gambar : Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali memakaikan topi kepada pelajar peserta Pesantren Kilat Ekspresi yang mengikuti kegiatan di atas KRI Semarang-594. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.comp (IMN), JAKARTA: Dalam rangka meningkatkan ibadah di Bulan Ramadhan TNI Angkatan Laut (TNI AL), bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 1445 H.

Kegiatan untuk siswa-siswi SMA/Sederajat ini bertajuk Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) dilaksanakan di atas KRI Semarang-594. Kegiatan ini dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali beserta Kepala Bantuan Baznas Prof. Dr. KH. Noor Achmad dan Ketua BPKH Firmansyah N. Nazaroedin dari Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (28/4/2024).

Sebanyaj 500 peserta yang terdiri dari siswa/siswi di wilayah Jakarta mengikuti kegiatan ini. Program Pesantren Kilat tersebut dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 28 Maret hingga 30 Maret 2024. Pada tanggal 29 April 2024 KRI Semarang-594 berlayar menuju Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Dalam sambutannya, Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali mengatakan, Pesantren Kilat ini sangat bermanfaat bagi peserta sebuah terobosan dari TNI AL dan Baznas RI dalam mengisi kegiatan positif di bulan Ramadhan, guna mempertebal keimanan melalui ibadah dan bakti sosial serta menanamkan jiwa maritim sejak dini.

"Kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada para peserta, sehingga apa yang telah kita ikhtiarkan mendapat ridho dan keberkahan dari allah subhanahu wa ta’ala dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa kebangsaan yang tinggi dengan dilandasi akhlak mulia," ujar Kasal.

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan dalam Pesantren Kilat Ramadhan 1445 H di antaranya salat berjamaah, salat tarawih, mengkaji ilmu-ilmu agama, pembekalan yang inspiratif dari para narasumber, bakti sosial, penanaman mangrove, layanan kesehatan dan bersih-bersih tempat ibadah serta pantai.

Baca Lainnya :

Selain itu, para peserta nantinya juga akan diperkenalkan dengan kehidupan dan tradisi di kapal perang, termasuk dalam hal buka puasa dan sahur di KRI Semarang-594.

Sejumlah narasumber terkemuka dihadirkan pada kegiatan ini dengan memberikan materi kepada para pelajar peserta pesantren kilat agar peserta yang mengikuti pesantren kilat ini menjadi generasi muda yang mencintai negara dan dilandasi akhlak mulia, sehingga menghadirkan generasi emas Indonesia yang berbudi luhur. (Fat/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook