Ditinggal Umi Syarifah Wafat, Habib Rizieq: Kesetiaannya, Pengorbanannya, Cintanya Luar Biasa

By Indonesia Maritime News 17 Des 2023, 20:08:11 WIB Religi
Ditinggal Umi Syarifah Wafat, Habib Rizieq: Kesetiaannya, Pengorbanannya, Cintanya Luar Biasa

Keterangan Gambar : Umi Syarifah ketika menyambut Habib Rizieq dibebaskan dari penjara. Foto:ist



Indonesiamaritimenewa.com (IMN), JAKARTA: Innalillahi wainna ilaihi rojiun... Kabar duka datang dari keluarga Habib Rizieq Shihab (HRS). Istri HRS, Syarifah Fadlun binti Yahya, meninggal dunia, Sabtu (16/12/2023). Jenazah dikebumikan di kompleks pesantren di Megamendung, Bogor, Minggu pagi (17/12/2023).

Almarhumah tutup usia di kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta, Pusat, Sabtu sore sekitar pukul 16.30. Jenazah Umi Syarifah disholatkan Minggu pagi, lalu dimakamkan di kompleks pesantren Markaz Syariah, Kec. Megamendung, Bogor.

Baca Lainnya :

Habib Rizieq menyampaikan terima kasih kepada jamaah yang ikut mengurus jenazah.

"Terima kasih kepada seluruh jamaah yang telah ikut mengurus jenazah mulai dari pemandiannya, pengkafanannya, pensholatan, sampai pada pemakaman. Almarhumah dimakamkan di Markaz Syariah, berdampingan dengan ibundanya," ucap HRS.

Umi Syarifah dimakamkan di samping makam ibundanya yang baru sebulan lalu wafat. Prosesi pemakaman  ditayangkan di YouTube Markaz Syariah TV. Habib Rizieq memimpin doa usai jenazah dimakamkan.

Informasi yang diperoleh, ibu tujuh anak itu sudah lama sakit. Bahkan ketika putrinyabyabg ke lima menikah, ia tidak bisa lama-lama mengikuti acara. Habib Rizieq pun tidak pernah meninggalkan istrinya dan terus mendampingi.

Bahkan ketika ada acara besar Munajat Kubro 212 di Monas pada 2 Desember lalu, Habieb Rizieq tidak bisa datang karena harus mendampingi istrinya di rumah sakit.


Habib Rizieq berdoa di depan keranda jenazah istrinya almarhumah Umi Syarifah  .  Foto: YouTube Markaz Syariah

ISTRI SETIA

Habib Rizieq tidak bisa menutupi kesedihan mengenang Umi Syarifah yang sudah 35 tahun mendampinginya. Habib Rizieq menilai Umi Syarifah sebagai istri yang setia mendampinginya dalam keadaan apa pun. Istri yang selama ini terus memberikan semangat kepada saya dalam suka dan duka.

"Istri yang tidak pernah mengeluh walaupun saya mendapatkan apa pun tantangan di dalam perjuangan. Saya dipenjara, saya ke luar negeri, saya hijrah, beliau selalu mendampingi dengan setia," tutur Habib Rizieq dalam sambutannya, di kediamannya sebelum jenazah dibawa ke Megamendung.

Habib Rizieq mengungkapkan Umi Syarifah adalah istri yang setia. "Saya tidak bisa berbicara banyak tentang kesetiaannya, tentang pengorbanannya, tentang cintanya yang luar biasa," tutur Habib Rizieq.

"Dan mudah-mudahan itu menjadi catatan di sisi Allah SWT, dan mendapat syafaat dari Nabi kita Muhammad SAW, hanya itu yang bisa saya sampaikan. Sekali lagi itu yang ingin saya sampaikan, kalau saya ingat cerita terlalu banyak kenangan di antara saya dan istri," ucapnya.

Habib Rizieq juga meminta dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya atas kesalahan disengaja ataupun tidak sengaja yang dilakukan istrinya.

"Sekali lagi saya sampaikan mohon maaf, atas nama semua keluarga saya. Saya minta kepada seluruh yang ada di sini, khususnya, kerabat, keluarga, handai taulan kerabat, kalau almarhumah semasa hidupnya ada melakukan kesalahan baik yang kita ketahui maupun tidak kita ketahui," ucap Habib Rizieq.

Habib Rizieq juga mengatakan, menjelang akhir hayatnya Umi Syarifah mengatakan ia sudah memaafkan semua orang yang sekiranya ada salah terhadap dirinya.

Sebagai catatan, salah satu kesetiaan Umi Syarifah yang dikenang oleh publik yakni ketika ia menjadi penjamin saat Habib Rizieq bebas bersyarat dari penjara. Habib Rizieq ditahan dalam kasus melanggar protokol kesehatan Covid-19 dan penyebab terjadinya kerumunan.

"Yang memberikan jaminan adalah istri saya tercinta Asyarifah Fatlun binti Fadil bin Hassan ibnul Habib al Mufti Usman bin Yahya," kata Habib Rizieq saat  konferensi pers di Petamburan, Jakarta Pusat pada Rabu (20/7/2022) silam.

KETURUNAN RASULULLAH

Umi Syarifah Fadlun Yahya bukanlah wanita biasa. Ia disebutkan keturunan Rasulullah. Ia merupakan cicit dari tokoh Mufti Betawi yang tersohor, Al-Habib Utsman Bin Yahya.

Di dalam buku 'Biography of Habib Rizieq Shihab' terbitan Pujangga Tunggal disebutkan, Umi Syarifah dan Habib Rizieq masih memiliki hubungan kerabat.

Sebelum menikah, keduanya saling tak mengenal satu sama lain. Umi Syarifah dan Habib baru saling mengenal saat menikah pada 11 September 1987.
Nasab Umi Syarifah adalah Fadlun Bin Yahya.

Bin Yahya di belakang nama Umi Syarifah merupakan salah satu nama marga keturunan Rasulullah SAW dari jalur Al-Husein. Lembaga Ilmu Pengetahuan Nasab (LIPN) menyebutkan nasab istri Habib Rizieq Syarifah ke Rasulullah SAW adalah valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook