Menyambut Tahun Baru 2023 dengan Untaian Doa

By Indonesia Maritime News 31 Des 2022, 16:11:51 WIB Khazanah
Menyambut Tahun Baru 2023 dengan Untaian Doa

Keterangan Gambar : Ilurstrasi siang dijemput malam fajar pun menanti menyudahi hari dan tahun lalu menyambut hari di tahun baru 2023.Foto: Property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Tahun Baru 2023 tinggal menghitung waktu. Datangnya Tahun baru bagi seorang muslim patut disyukuri seraya berharap tahun mendatang Allah SWT senantiasa memberi rahmat dan nikmat. 

Menyambut tahun baru 2023 umat muslim dianjurkan memanjatkan doa untuk melangkah di tahun baru dan hari-hari berikutnya.  Secara khusus memang tidak ada anjuran untuk membaca doa awal tahun masehi seperti tahun baru Islam.  Tapi terkait doa di tahun baru masehi, pengasuh LPD Al Bahjah KH Yahya Zainul Ma’arif pernah menyinggungnya.

Menurutnya, doa dapat dipanjatkan kapan saja termasuk pada momentum tahun baru.  "Kalau untuk berdoa boleh, karena doa itu kapan saja. Barangkali tahun baru masehi nanti ada yang kumpul di masjid untuk berdoa mendoakan semoga mereka itu sadar tobat, tapi tidak di alun-alun ya,” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Radioqu, Sabtu (31/12/2022). 

Baca Lainnya :

Jadi menurut Buya Yahya boleh membaca doa semacam itu. "Ini justru untuk merubah budaya. Karena memperingati tahun baru masehi secara hakikatnya gak ada masalah. Karena itu tahun semua umat. Karena sudah menjadi ciri khasnya orang yang tidak beriman maka dari itu kita tidak diperkenankan untuk mengikutinya,” jelas Buya Yahya. 

Adapun doa yang untuk menyambut tahun baru masehi dapat menggunakan doa awal tahun baru Islam. Karena doa yang sering dibacakan pada tahun baru Islam ini sangat bermakna.  Doa awal tahun tersebuy berisi tentang permohonan perlindungan seorang hamba kepada Rabb-nya agar selalu dalam bimbingan-Nya.

Berikut lafal doanya yang dinukil dari NU Online.  اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى  فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ 

 Arab-latin: Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.   

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. 

Demikian doa yang bisa dipanjatkan sebagai penutup Tahun 2022 dan pembuka Tahun 2023. (Fat/Oryza)±




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook