Libur Nataru 2022 Pengguna Kapal Laut Melonjak, Fokus di Rest Area dan Kantung Parkir

By Indonesia Maritime News 09 Des 2022, 08:51:29 WIB Perhubungan
Libur Nataru 2022 Pengguna Kapal Laut Melonjak, Fokus di Rest Area dan Kantung Parkir

Keterangan Gambar : Pelabuhan Merak, Banten. Foto: property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com ( IMN), JAKARTA: Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diprediksi terjadi lonjakan pengguna kapal laut di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Antisipasi harus dilakukan agar tidak terjadi kamacetan di jalan maupun penumpukan kendaraan di pelabuhan.

Antisipasi sejak dini harus dilakukan oleh para stake holder lintas sektoral. Rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral persiapan penyelenggaraan angkutan Natal dan tahun baru telah dilakukan di Pelabuhan Merak Rabu, 7 Desember 2022 di Pelabuhan Merak.

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan meski tiap tahun dihadapi, namun tantangan pengamanan akhir tahun selalu berbeda. Olehbkarena itu cara bertindaknya pun harus menyesuaikan.

Baca Lainnya :

 "Inovasi dan terobosan kreatif silahkan diimplementasikan untuk kemudian dianev (analisa dan evaluasi) dan disempurnakan pada tahun berikutnya," kata Hendro. Sedangkan hal yang harus diperhatikan ada 4 poin yaitu:

1. Rest area atau kantong parkir menuju kapal diperhatikan waktu singgahnya. Jangan terlalu lama sehingga membuat penumpang resah dan marah.

2. Rest area di lintasan menuju pelabuhan diperhatikan kesiapan pelayanannya, baik kamar mandi, tempat jualan, posyan, bengkel dan lainya termasuk kapasitas kendaraan sehingga masyarakat tetap nyaman.

3. Manajemen tiket agar jadi perhatian, pola pembelian, tempat pembelian dan pelayanan jika over time karena kepadatan lalu lintas mis dengan sistem delay, tiket jangan hanya ke dermaga eksekutif namun ke dermaga reguler

4. Lokasi objek wisata agar stakeholder cek ke lapangan dan ajak Dinas Pariwisata, Dinas LLAJ untuk cek kesiapan kendaraan umum dan pengemudinya sehingga reduksi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

REKAYASA KENDARAAN

Sementara itu Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi sepakat untuk merekayasa kendaraan dan pelayanan tiket. Selain itu mengarahkan petugas agar rekayasa pembagian kendaraan jenis tertentu diangkut di pelabuhan bayangan.

Menurut Firman, kebijakan tersebut bagian dari mencari solusi agar penumpang yang sudah memiliki tiket dan belum memiliki tiket bisa di-filter. "Sehingga tidak terjadi penumpukan di pintu masuk pelabuhan," kata Firman.

Adapun rekomendasi Korlantas Polri yaitu: 

1. Delay di rest area bagi kendaraan dari Merak menuju Bakauheni (penumpang harus memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan)

2. ASDP agar menyediakan loket pembelian tiket di rest area, menghindari penumpukan di pintu masuk pelabuhan

3. Rekayasa lalu lintas di titik rawan kemacetan

3. Petugas untuk memastikan ketersediaan traffic cone untuk melakukan rekayasa lalu lintas

RAKOR LINTAS SEKTORAL

Seperti diketahui, Rakor lintas sektoral persiapan penyelenggaraan angkutan Natal dan tahun baru berlangsung di Pelabuhan Merak Rabu, 7 Desember 2022. Rapat yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno diikuti oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Santyabudi; Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto; Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus, perwakilan dari Kodam III/Siliwangi, Komandan Lanal Banten, Kepala SOP Banten, Direktur PT. ASDP,  PT Pelindo, PT. Telkom Indonesia serta para PJU tiap satuan kerja.

Dalam kesempatan tersebut Dirlantas Polda Banten Komisaris Besar Budi Mulyanto menggambarkan situasi kompleksitas Pelabuhan Merak ketika libur  Nataru. Masalah kompleks tersebut yaitu animo perjalanan pada malam hari, peningkatan volume angkutan barang, minimnya kapasitas parkir, belum optimalnya aplikasi ferrizy.

Masalah lainnya antara lain keterlambatan operasional pelabuhan alternatif, pengaturan jadwal kapal belum optimal dan efisiensi waktu penerbitan dokumen pelayaran. Adapun puncak mobilitas masyarakat yang akan berlibur diperkirakan terjadi pada tanggal 16, 23 serta 30 Desember 2022. (Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook