Geliat Terminal Petikemas Surabaya , Tahun ini Layani 3 Kapal Tujuan Langsung Timur Tengah,
Meraih Berbagai Pènghargaan dan Zero Accidentt

By Indonesia Maritime News 14 Nov 2022, 23:26:45 WIB Pelabuhan
Geliat Terminal Petikemas Surabaya  , Tahun ini Layani   3 Kapal Tujuan Langsung  Timur Tengah,

Keterangan Gambar : Kapal Highway ( Hway 133, tujuan Singapura ( Feeder vessel) membongkar 1.331 TEUs dan memuat 1.482 TEUs. Foto: Property of Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN), SURABAYA: Subholding Pelindo Terminal Petikemas  Surabaya (SPTPS) berpacu dengan waktu memenuhi target perusahan, mengandeng berbagai perusahaan pelayaran. Tahun ini mendapat pelanggan  baru  3 kapal tujuan Timur Tengah. Perusahaan  plat merah ini terus menggeliat dan  meraih berbagai penghargaan.

3 kapal yang bersandar di TPS itu berasal   dari perusahaan pelayaran  yang berbeda dan dengan tanggal keberangkatan yang berbeda-beda. Serperti:              KPG – monthly service tujuan  Langsung Timur Tengah operator  Kaiso Line, dengan  Maiden Voyage: MV Atlantic Pioneer pada tanggal 17 Maret 2022, Weekly serviceoperator RCL dimulai pada tanggal 22 Maret 2022 oleh MV Mitra Bhum. Sementara Maiden Voyage: MV Kota Naluri pda tanggal 25 April 2022.

Berbagai upaya dilakukan PTS   untuk meningkatkan pelayanan dan mempercepat proses bongkar muat diantarnya dengan menambanh dan mmperbaharui  peralatan. Di awal tahun 2022, TPS telah memperbarui sekaligus menambah beberapa alat untuk mendukung kelancaran proses bongkar muat, diantaranya 76 unit head truck, 79 unit chasis, 2 unit chasis lowbed dan 3 unit dolly (double cnasis), serta 3 unit Reach Stacker (RS).

Baca Lainnya :

Upaya penghematan juga dilakukan PTS   dengan menginplementasikan dual cycle•system. “Sistem ini dapat menghemat pemakaian bahan bakar,” jelas Retno VP Komunikasi  Korporat  kepada Indonesiamaritimenews.com didampingi Humas  SPTP Yasmin N, Rabu (9/10/ 2022) di surabaya.  

Retno  VP Komunikasi Korporat      Foto: Property of Indonesiamaritimenews.com

Ia menjelaskan lebih jauh, penghematan itu dalam hitungan mencapai 1.300 liter penggunaan BBM per bulan, dengan efisiensi penggunaanhead truck mencapai   28%.

 Pada hari yang sama TPS kedatangan  Kapal Highway ( Hway 133, tujuan Singapura ( Feeder vessel) membongkar 1.331 TEUs dan memuat 1.482 TEUs. Truk membawa kontainer antre menunggu giliran  memuat kontainer dari kapal dan sebaliknya truk yang membawa kontainer antre untuk memuat ke kapal.

Truk antre menunggu muatan dari kapal. Foto: Property of indonesiamaritimenews.com


Wanita asal Madiun ini menambahkan, soal lingkungan TPS juga ikut andil. Di tahun ini, TPS ikut  menguatkan dukungannya terhadap Gerakan Ekonomi Hijau, dengan penggunaan Green workshop yang ramah Iingkungan. 

“Hal itu dilakukan  dengan pemanfataan solar panel, pengoperasian truk bio diesel serta inovasi melalui penerapan dual  cycle  system yang merupakan sistem kombinasi dalam melakukan bongkar muat petikemas dalam satu palka dari dan ke atas kapal, yang sekaligus pengangkutan ke lapangan penumpukan dengan satu rangkaian truk yang sarna,” terang Retno.

TPS terus menggeliat, meningkatkan kinerja untuk  mencapai target perusahaan. Selama satu tahun Pelindo bersatu, sebagai wujud komitmen dan konsistensinya dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatandi Lingkungan Kerja dan berhasil meraih berbagai penghargaan. Seperti:

 1. Program Pencegahan dan PenanggulanganCOVI0-19 di tempat kerja dengan kategori "Platinum" pada tanggal13 Mei 2022.

2. Penghargaan Zero Accident Tingkat Nasional pada tanggal 13 Mei 2022.

3. Sertifikat Apresiasi atas pelaksanaan ExerciseSkala penuh Fasilitas pelabuhan tahun 2022 pada tang9al 21 April 2022.

4. PenghargaanZero Accident Tingkat Provinsi Jawa Timur (Februari 2022).

Catatan: Tim indonesiamaritimenews.com di lapangan petikemas TPS   implementasi dual cycle•system berjalan, tampak Truk ke kapal  membawa  kontainer dan kembali memuat kontainer dari kapal  langsung menuju ke lapangan penumpukan. Truk lain tidak tampak. Wilayah TPS terlihat seteril dari kegiatan di luar operasional pelabuhan.

Udara dari kenalpot Truk  yang menyesakan tak terasa ini bagian dari Gerakan Ekonomi hijau pengoperasian truk yang menggunakan bahan bakar  bio  diesel.  (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment