Banjir Bandang di Lampung, 4 Warga Tewas, 1.678 Rumah Terendam, Begini Kondisi Terkini

By Indonesia Maritime News 30 Okt 2022, 17:00:03 WIB Nasional
Banjir Bandang di Lampung,  4 Warga Tewas, 1.678 Rumah Terendam, Begini Kondisi Terkini

Keterangan Gambar : Banjir bandang di Kabupaten Lampung Selatan. Foto: video amatir warga


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA :Banjir bandang yang melanda Kabipaten Lampung Selatan menelan korban jiwa 4 orang dan merendam sedikitnya 1.678 rumah penduduk. Belum lagi kerugian harta benda warga yang rusak akibat terendam air bercampur lumpur.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan yang Sabtu (29/10/2022) menyatakan, ada 5 kecamatan yang terdampak banjir. Masing-masing:  Kecamatan Sidamulya, Kecamatan Katibung, Kecamatan Candipulo dan Kecamatan Kalianda.

Banjir bandang melanda wilayah Kabupaten Lampung Selatan, setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut sejak Kamis (27/10/2022) dinihari. Kondisi diperparah dengan meluapnya sungai Way Ketibung di Desa Beringin Kencana, Candipuro, Lampung Selatan akibat tanggul jebol. Ribuan warga mengungsi.

Baca Lainnya :

SUDAH SURUT 

Kepala BPBD Lampung Selatan, Dulkahar mengatakan banjir sudah mulai surut.

Sebagian warga yang terdampak banjir di sejumlah titik di kabupaten itu mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

"Alhamdulillah semua titik yang tergenang air karena banjir sekarang sudah surut dan sebagian warga sudah pulang ke rumahnya dari pengungsian," kata  Dulkahar, di Lampung Selatan, Sabtu (29/10/2022).

Sejauh ini warga yang terdampak banjir tidak mengalami penyakit serius. Keluhan gangguan kesehatan, hanya gatal-gatal. Tim kesehatan tetap disiagakan untuk mengantisipasi adanya warga yang sakit. Tim gabungan dan relawan  juga turun ke lapangan membantu membersiahkan puing-puing yang terbawa banjir. (Hanafi kontributor Lampung/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment