Semangat Sumpah Pemuda, Tonggak Kuat Bangsa Indonesia

By Indonesia Maritime News 28 Okt 2022, 23:22:00 WIB Nasional
Semangat  Sumpah Pemuda, Tonggak Kuat Bangsa Indonesia

Keterangan Gambar : Upacara Hari Sumpah Pemuda di kantor Kemenpora. Foto: ist


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA ; Setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP), hari bersejarah sebagai tonggak pemersatu bangsa. Tahun peringatan Sumpah Pemuda terasa lebih khidmat dan bermakna setelah dua tahun negeri ini dikungkung pandemi Covid-19.

Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun ini diperingati di sejumlah kementerian, lembaga, sekolah serta tempat-tempat lainnya. Hari bersejarah tersebut diperingati dengan berbagai cara. 

Di lembaga pemerintahan, Hari Sumpah Pemuda diperingati dengan upacara bendera. Sementara di sekolah-sekolah selain digelar upacara, juga karnaval pakaian daerah. Siswa-siswi tampak sumringah mengenakan kostum pakaian adat. Terasa semarak.

Baca Lainnya :

"Senang dan heboh," ucap Putri, siswi kelas 2 SMP yang mengenakan kebaya brokat ke sekolah.

UPACARA KEMENPORA    Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar upacara dalam rangka Memperingati HSP ke-94 tahun 2022. Tema HSP tahun 2022 ini yang berpusat di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur adalah Bersatu Bangun Banga. 

Upacara yang dimulai pada pukul 07.35 pagi ini diikuti seluruh pejabat dan pegawai ASN dan Non-ASN di lingkungan Kemenpora RI. Peserta upacara mengenakan pakaian olahraga karena bertepatan dengan Hari Olahraga Jumat Krida.

Mewakili Menpora Amali, Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga, Subroto menjadi inspektur upacara. Dalam sambutannya ia menyampaikan, peringatan HSP merupakan upaya pemerintah menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan dan dipelajari. Ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk teladan dan inspirasi menuju visi bangsa yang besar.

"HSP 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita menyikapi perbedaan suku, agama, ras dan kultur serta bagaimana kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor melemahkan," ujar Subroto saat menjadi Inspektur Upacara di Lapangan Utama Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (28/10).

Menurut Subroto sejarah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda dari seluruh nusantara, waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan Bangsa Indonesia. 

"Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah pemuda 1928, diikuti rangkaian pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesi. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa," kata dia.

Peringatan HSP lanjutnya, terus memiliki makna dan arti penting yang kekinian dan juga memiliki arti yang sesuai di masa-masa yang akan datang. 

"Ancaman terhadap kesatuan bangsa selalu ada. Kemudian, tema yang diangkat memberikan pesan bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan," ucap Subroto.

Menurut Subroto, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan membangun peradaban bangsa yang unggul. "Tema ini juga sebagai pengejawantahan nilai agung Sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang," jelasnya.

Subroto juga berpesan bahwa, pemuda saat ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan di masa yang akan datang. Sehingga, apa yang pemuda lakukan saat ini menjadi penentu kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segalanya. Memandang keragaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan luar biasa menuju kejayaan bangsa. 

"Pemuda tak hanya menjadi pelaku penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 1945, tetapi menjadi tulang punggung kejayaan bangsa sepanjang masa," tandas Subroto.(Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment