Pelindo Kebut Pengerjaan Tol Cibitung-Cilincing, Kejar Target November 2022 Selesai.

By Indonesia Maritime News 15 Nov 2022, 17:27:49 WIB Pelabuhan
Pelindo Kebut Pengerjaan Tol Cibitung-Cilincing, Kejar Target November 2022 Selesai.

Keterangan Gambar : Ilustrasi Jalan Tol. Foto: Properti Of Indonesia


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA:  PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melalui PT Akses Pelabuhan Indonesia kini sedang mengoptimalkan pengerjaan proyek Seksi 4 jalan tol Cibitung-Cilincing (JTCC). Jalan tol  sepanjang 7,29 km ditargetkan  rampung pada akhir November 2022.

Direktur Utama PT Pelindo Arif Suhartono mengatakan, pengerjaan konstruksi tinggal 600 meter lagi. "Konstruksi di ruas Tarumajaya-Cilincing ini sedang kita kebut, tinggal sekitar 600 meter,” kata Arif, Senin (14/11/2022).

Jalan tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,77 km ini menurut Arif akan menjadi tumpuan utama arus barang dari kawasan timur Jakarta. Di wilayah tersebut banyak kawasan industri berskala besar, seperti Kawasan Industri Jababeka, MM2100 Industrial Town BFIE, dan Greenland International Industrial Center (GIIC). Lebih dari 60 persen barang ekspor melalui Tanjung Priok datang dari hinterland di timur Jakarta.

Baca Lainnya :

Sebagai catatan, hingga Oktober 2022, jalan tol tersebut sudah beroperasi sebagian. Yaitu Seksi 1, 2, dan 3 yang menghubungkan Cibitung-Tarumajaya sejauh 27,5 km.

LEBIH LANCAR

Direktur API Iwan Ridwan menambahkan, selama ini arus barang dari timur Jakarta menuju Tanjung Priok melewati tol Cikampek. Setelah itu masuk ke Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi E2 dan E3 melalui Simpang Susun (Ramp) Cikunir menuju Cilincing, lalu terhubung ke Tanjung Priok via Seksi N.

Dari Ramp Cikunir hingga Tanjung Priok berjarak 18,87 km, sedangkan Cibitung-Cikunir sekitar 14 km. Dalam kondisi normal, jalur ini bisa ditempuh sekitar satu jam. "Tetapi pada jam-jam sibuk seperti sore hari, waktu tempuhnya bisa di atas dua jam,” ungkap Iwan.

Ke depan truk-truk kontainer tak perlu lagi melewati Cibitung-Cikunir-Cilincing, karena bisa berbelok ke jalan tol Cibitung-Cilincing. Meski jarak tol Cibitung-Cilincing lebih panjang sekitar 2 km, tapi aksesnya akan jauh lebih lancar.

Selain itu juga akan mengurangi beban jalan tol Cikampek-Jakarta. Karena LHR (Lalu Lintas Harian) tol ini sudah sangat tinggi. (Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook