Bantu Air Bersih Korban Gempa Cianjur, Badan Geologi Bangun 19 Titik Sumur Bor

By Indonesia Maritime News 30 Nov 2022, 16:02:53 WIB Teknologi
Bantu Air Bersih Korban Gempa Cianjur, Badan Geologi Bangun 19 Titik Sumur Bor

Keterangan Gambar : Foto udara kerusakan rumah di Kabupaten Cianjur setelah diguncang gempa. Foto: BNPB


Indonesiamarititimenews.com (IMN),JAKARTA: Sebanyak 19 titik sumur bor dibangun untuk para penyintas gempa bumi di Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Diharapkan para korban gempa bisa menikmati fasilitas air bersih yang dibangun oleh Tim Siaga Bencana Kementerian ESDM melalui Badan Geologi

Pelaksana Tugas Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid berharap, fasilitas air bersih tersebut dapat memberi manfaat bagi korban gempa. "Pembangunan sumur bor air bersih dilakukan di 19 titik di lokasi terdampak yang kesulitan mendapatkan air bersih," kata Wafid dalam keterangan tertulis Rabu (30/11/2022).

Dari 19 titik sumur bor tersebut, 3 titik sudah masuk tahap pengeboran, 2 titik akan masuk tahap pengeboran, 4 titik tahap-tahap persiapan dan mobilisasi alat, 6 titik tahap survei, dan 4 titik sisanya dialokasikan untuk relokasi.

Baca Lainnya :

Diharapkan bantuan sumur bor tersebut bisa meringankan kesulitan para penyintas gempa akan kebutuhan air bersih yang layak konsumsi.

Berdasarkan pemetaan lokasi yang dilakukan oleh Badan Geologi, kerusakan paling parah terjadi di daerah yang disusun oleh endapan breksi dan lahar Gunung Gede.

Secara morfologi, daerah yang mengalami kerusakan pada umumnya dengan morfologi perbukitan bergelombang. Di Kecamatan Cugenang intensitas mencapai VII-VIII Modified Mercalli Intensity (MMI) ditandai dengan kerusakan bangunan yang masif, terutama di Desa Gasol dan Sarampad, serta Cugenang.

Guncangan gempa juga memicu terjadinya tanah bergerak di area yang disusun oleh produk gunung api tua (Qvot) yang telah mengalami pelapukan.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) siang. Gempa mengakibatkan 327 penduduk meninggal dunia dan 100 ribu lebih warga masih mengungsi. (Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment