1 Juta Penumpang Naik Kereta Api Selama Libur Nataru, Melonjak 204 Persen

By Indonesia Maritime News 30 Des 2022, 17:45:07 WIB Perhubungan
1 Juta Penumpang Naik Kereta Api Selama Libur Nataru, Melonjak 204 Persen

Keterangan Gambar : Foto: property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com( (IMN),JAKARTA: Selama masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat,  sebanyak 1.095.714 pelanggan telah bepergian menggunakan kereta api ke berbagai tujuan, periode 22-29 Desember 2022.

PT  KAI melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari, dengan keterisian tempat duduk yang sangat baik mencapai rata-rata 102% per hari.

Relasi yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu rute Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Purwokerto pp, Bandung - Surabaya pp, Yogyakarta - Surabaya pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, dan lainnya.

Baca Lainnya :

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jumlah ini melonjak naik 204% dibandingkan periode yang sama di tahun 2021. Kenaikan ini diperkirakan karena perubahan persyaratan naik KA,  di mana tidak lagi ada aturan screening Covid-19 melalui Antigen atau PCR. 

Faktor lainnya, kapasitas angkut  telah diperbolehkan 100%, meningkatnya mobilitas masyarakat diiringi penambahan jumlah perjalanan KA secara keseluruhan.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan layanan kereta api pada masa libur akhir tahun ini. KAI akan terus meningkatkan pelayanan serta mengawal agar seluruh perjalanan KA di masa Nataru ini dapat berjalan aman dan lancar," kata Joni dalam keterangan tertulis Jumat (30/12/2022).

Sampai 30 Desember 2022, total tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual untuk masa Angkutan Nataru (22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023) mencapai 1,6 juta tiket, atau sekitar 69% dari kapasitas yang disediakan yakni 2,4 juta tempat duduk.

“Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Kami berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia," tandas Joni.

KA PANORAMIC

Pada masa angkutan Nataru ini KAI meningkatkan pelayanan di antaranya dengan menghadirkan Kereta Panoramic. Kereta spesial ini adalah inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya. Selain itu atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

KAI juga mulai menerapkan penggunaan seragam baru untuk para frontliner. Kostum ini karya Anne Avantie, perancang busana dan pelopor kebaya kontemporer. Seragam baru ini akan dipakai oleh para kondektur atau kondektris, customer service, announcer, petugas loket, dan prama atau prami di berbagai stasiun dan perjalanan KA.

GAME ZONE

Untuk mengusir kebosanan calon penumpang menanti keberangkatan,  KAI menghadirkan booth KAI Game Zone di Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Pasarturi. Fasilitas ini untuk pelanggan KA Jarak Jauh yang ingin bermain game konsol secara cuma-cuma sambil menunggu keberangkatan kereta.

"Berbagai peningkatan pelayanan akan terus kami hadirkan agar perjalanan Anda saat menggunakan Kereta Api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 ini menjadi makin bermakna dan berkesan," tandas Joni. (Riz/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook