Semangat Persatuan dan Kesatuan, PPAL Dorong Wujudkan Kesejahteraan Purnawirawan TNI AL

By Indonesia Maritime News 31 Agu 2023, 19:56:57 WIB Komunitas
Semangat Persatuan dan Kesatuan, PPAL Dorong Wujudkan Kesejahteraan Purnawirawan TNI AL

Keterangan Gambar : Ketua Umum PPAL, Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, pada acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-37 PPAL. Syukuran digelar di atas geladak KRI dr. Soeharso-990 yang berlayar di sekitar perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), SURABAYA: Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) tentunya tidak bisa dilepaskan dengan TNI Angkatan Laut. PPAL juga telah terdaftar sebagai organisasi kemasyarakatan yang berbasis sosial.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum PPAL, Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, pada acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-37 PPAL. Syukuran digelar di atas geladak KRI dr. Soeharso-990 yang berlayar di sekitar perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya, Rabu (30/8/2023). 

Baca Lainnya :

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, serta sejumlah pejabat tinggi TNI AL. Selain itu, hadir pula Kasal dan Wakasal dari masa ke masa.  Acara ini mengusung tema: “Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan, Kita Wujudkan Kesejahteraan Purnawirawan TNI Angkatan Laut". 

Setelah sebelumnya peringatan HUT PPAL dilaksanakan di Jakarta, Ketua Umum PPAL berinisiatif menggelar syukuran di Surabaya. Pertimbangannya,  karena anggota PPAL di Surabaya khususnya dan Jawa Timur pada umumnya jumlahnya cukup banyak.

Oleh sebab itu, Ketua Umum berharap acara syukuran ini dapat menjadi sarana untuk membangun kebersamaan serta bersilaturahmi antara Pengurus PPAL baik Pusat maupun Surabaya dengan seluruh anggotanya. Silaturahmi baik dengan purnawirawan meuoun dengan yang masih aktif, serta silaturahmi lintas generasi diharapkan dapat  terbangun sebagaimana misi dari PPAL. 

Sementara itu, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakasal menyampaikan, peringatan HUT ke-37 PPAL ini dapat dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus menjadi wahana untuk mempererat silaturahmi dan kekeluargaan antara Purnawirawan dengan prajurit TNI AL yang masih aktif.

“Kami menyadari bahwa sebagai generasi penerus yang mewakili TNI AL saat ini, suatu saat kelak akan melangkah dalam masa purnawiran dan menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga Purnawirawan TNI Angkatan Laut", ujar Kasal.

Sebagai catatan PPAL lahir pada tanggal 17 Agustus 1986, pada awalnya bernama Badan Kontak Purnawirawan Angkatan Laut (BKPAL). BKPAL kemudian berubah menjadi PPAL dan telah dipimpin oleh sejumlah Perwira Tinggi TNI AL yaitu: Laksda TNI Purn Kandiawan Affandi, Laksamana TNI Purn Achmad Soetjipto, Laksdya TNI Purn Djoko Sumaryono, Laksamana TNI Purn Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P., dan sejak Desember 2021 hingga sekarang Ketua Umum PPAL adalah Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji. 

MENDIRIKAN LADZIS

Untuk mewujudkan kesejahteraan purnawirawan, PPAL yang memiliki 14 wilayah dan 157 Rayon telah mendirikan Lembaga Amil, Donasi, Zakat, Infaq, dan Sodaqoh (LADZIS). Sejak didirikan tahun 2016, LADZIS telah menyalurkan bantuan sosial, kesehatan, santunan kepada anak yatim piatu, dan zakat kepada para Purnawirawan Angkatan Laut di seluruh Tanah Air.

Pada tahun 2023, LADZIS telah menyalurkan zakat untuk 466 orang, bantuan sosial untuk 1.103 orang, bantuan kesehatan untuk 446 orang, dan santunan untuk anak-anak yatim piatu sebanyak 196 orang, dengan jumlah keseluruhannya sebanyak 2.213 orang.

Bertepatan dengan momentum HUT ke-37  PPAL ini, LADZIS juga akan memberikan bantuan alat kesehatan berupa 56 kursi roda, 30 tongkat serta bansos dan bankes kepada 1.113 Purnawirawan yang membutuhkan.

PPAL memiliki motto “Adhi Dharma Purnawira” yang artinya Persembahan Berharga dari Purnawirawan Angkatan Laut. Dalam setiap masa memiliki tantangan yang tidak persis sama, namun nilai-nilai dan prinsip-prinsip perjuangan serta pengabdian tidak akan berubah. Terutamanya jiwa sebagai pejuang dan rela untuk berkorban yang tidak boleh luntur hanya karena telah purna tugas. (Fat/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook